Cerita Sukses Pelaku Usaha Kuliner Sunda, Bisnis Lancar Berkat Teknologi Digital



Sejak revolusi industri 4.0 bergulir, hampir semua lini kehidupan menerapkan teknologi digital. Jika dulu digitalisasi menjadi barang mewah karena cost development mahal, kini bisa diakses semua kalangan, termasuk pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Pelaku UMKM bisa memanfaatkan berbagai aplikasi teknologi IT untuk menunjang usaha mereka. Seperti aplikasi untuk menghitung penjualan, modal kerja, pengeluaran, dan lainnya. 

Yusran, pengusaha kuliner Sunda Pak Yose, yang memiliki tempat usaha di Jakarta, berbagi cerita sukses mengelola bisnis dengan memanfaatkan kemajuan teknologi digital. Menurut Yusran, perkembangan usahanya tak lepas dari campur tangan teknologi IT yang memudahkannya melakukan pembukuan. Sehingga dia bisa fokus menggarap menu makanan dan pelayanan. 

"Dulu harus orat-oret di kertas. Jadi cukup makan waktu, padahal beban usaha bukan keuangan saja," kata Yusran.

Menurut Yusran, dia sangat terbantu dengan aplikasi digital keuangan. Walaupun, teknologi digital yang membantu usahanya itu belum lama dikenal, namun sudah memudahkan banyak hal. 

"Saya pertama pakai teknologinya itu kasir online, sekitar awal Februari. Tapi sudah hebat banget deh efeknya ke usaha saya," kata Yusran, wirausahawan yang sudah punya beberapa karyawan tersebut.

Dia bercerita, salah satu aplikasi teknologi yang dipakai adalah Bonum. Sebuah aplikasi kasir digital tersebut, dinilainya sangat membantu jualan kulinernya. Sebab, seluruh pencatatan keuangan tinggal dia masukkan nominalnya lalu keluar dalam bentuk laporan keuangan yang rapi.

Selama ini dia merasa kerepotan dengan cara manual. Dia harus memeras otak untuk mengetahui berapa modal belanja, keuntungan, kas saldo tersisa, dan banyak penghitungan rumit lainnya. 

"Enak pake kasir online. Semuanya tinggal input, tapi nanti laporan ke kita diliatin berapa catatan modal dan keuntungan. Sampai stok-stok barang juga ke gambar, pokoknya antiribet tapi gratisan," ujarnya. 

Yusran menilai, keuntungan lain menggunakan aplikasi kasir digital adalah ada menu yang tersambung ke berbagai fitur pembayaran digital, baik menerima pembayaran dari pembeli maupun membayar aneka bentuk payment ke luar seperti pengisian pulsa, PLN, top up digital wallet, dan lainnya. 

Di mata Yusran, dengan tren masyarakat yang ingin serba praktis, kasir digital sudah menjadi kebutuhan bagi pelaku UMKM. Bonum yang berarti kebaikan tertinggi, memiliki fitur mudah dan sederhana membuat pelaku usaha ritel tidak perlu belajar untuk dapat menggunakannya. 

Terdapat pula fitur hitung manual (kalkulator) yang dapat menghitung dan mencatat penghasilan UMKM. Aplikasi ini juga menyediakan menu agar pembeli bisa membayar produk atau jasa dengan uang non tunai apapun di Indonesia.  Pelaku UMKM juga akan mendapatkan laporan lengkap pendapatan harian, mingguan, dan bulanan yang bisa mudah diunduh dan dibagikan.


Sumber :iNewsJabar.id

No comments

Powered by Blogger.