Curug Dengdeng, Destinasi Wisata Cantik di Selatan Tasik



Salah satu wisata alam yang cukup indah di wilayah Tasikmalaya Selatan (Tasela) yakni Curug Dengdeng yang berada Kampung Cirerese, Desa Tawang, Kecamatan Pancatengah. Selain keindahan alamnya, Curug Dengdeng juga memiliki keunikan yakni curug yang mempunyai tiga tingkat.

Engkus Koswara pengelola Curug Dengdeng menuturkan, penamaan Curug Dengdeng diambil dari bahasa sunda kuno yang artinya "memahat". Kaitannya dengan curug, lanjut Engkus, kondisi curug dengdeng seperti bekas pahatan.

"Dengdeng itu dari bahasa sunda kuno yang artinya memahat. Dinamai curug Dengdeng karena persis seperti hasil patahan dengan kesamaan tinggi di kedua sisi," ujar Engkus melalui sambungan telepon.

Engkus menambahkan, Curug Dengdeng memiliki bentuk air terjun dengan tiga tingkat. Pada tingkatan yang pertama, curug ini memiliki ketinggian sekitar 13 meter. Pada tingkatan kedua, memiliki ketinggian sekitar 11 meter. Sedangkan pada tingkatan yang ketiga dan memiliki ketinggian sekitar 9 meter.

"Jadi ada keunikan dibandingkan dengan curug lainnya. Ada tiga tingkatan curug," lanjut Engkus.

Selain menikmati keindahan alam, Curug Dengdeng yang mengusung konsep wisata alam juga menawarkan udara yang sangat sejuk. Fasilitas pun cukup bagus, dilengkapi dengan gejobo, warung, dan toilet.

"Wisata alam kami [yang] usung konsepnya, jadi pengunjung bisa berenang dan menikmati keindahan alam disekitarnya yang masih alami," ucap Engkus. 


Sumber :Ayobandung.com

No comments

Powered by Blogger.