Daun Jambu Biji Bantu Redakan Diare, Ini Penjelasannya



Saat diare menyerang, gejala khas yang muncul adalah frekuensi buang air besar yang meningkat, feses menjadi lebih cair, serta tubuh terasa lemas. Karena itu, biasanya pengobatan akan segera dilakukan untuk mengatasi gejala diare yang muncul. Ada beberapa cara pengobatan yang dilakukan, salah satunya dengan cara alami, yaitu memanfaatkan daun jambu biji. 

Daun jambu biji sering dimanfaatkan dalam mengatasi gejala diare. Bukan tanpa alasan, daun dari buah ini nyatanya memiliki banyak kandungan zat bermanfaat yang baik untuk tubuh. Salah satu manfaatnya adalah meredakan diare. Nah biar lebih jelas, simak pembahasan seputar manfaat daun jambu biji untuk diare di artikel berikut ini

Daun Jambu Biji dan Cara Lain Meredakan Diare 
Di beberapa bagian dunia, daun jambu biji sudah cukup lama dan sering digunakan untuk mengatasi diare. Ada penelitian pada hewan yang menyebut bahwa mengonsumsi ekstrak daun jambu biji bisa membantu meredakan gejala diare. Selain itu, daun jambu biji juga disebut bisa mempercepat pemulihan setelah infeksi virus penyebab diare. 

Meski begitu, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan khasiat daun jambu biji dalam mengatasi diare. Memanfaatkan daun jambu biji nyatanya belum terbukti bisa mempercepat atau meredakan diare segera. Namun, konsumsi air rebusan atau ekstrak daun jambu biji disebut bisa membantu meredakan gejala sakit perut yang mungkin muncul saat diare. 

Kendati belum terbukti secara ilmiah, kamu bisa mencoba mengonsumsi atau memanfaatkan daun jambu biji untuk mengatasi diare. Bukan tanpa alasan, daun jambu biji nyatanya memiliki kandungan antioksidan. Selain membantu meredakan gejala penyakit, kandungan ini juga bisa membantu mencegah efek berbahaya dari proses oksidasi. 

Oksidasi adalah proses pelepasan molekul radikal bebas. Saat melakukan aktivitas sehari-hari, tubuh mengalami paparan radikal bebas, misalnya akibat polusi atau makanan tertentu. Nah, radikal bebas bisa meningkatkan risiko serangan penyakit. Maka dari itu, antioksidan bisa membantu mencegah dan menurunkan risiko munculnya dampak dari paparan radikal bebas. 

Selain memanfaatkan daun jambu biji, ada beberapa cara lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi gejala diare, di antaranya: 

  • Banyak Minum Air 

Saat diare menyerang, pastikan untuk banyak minum air putih. Hal ini penting dilakukan untuk menghindari tubuh dari dehidrasi alias kekurangan cairan tubuh. Sebab, diare bisa menyebabkan tubuh kehilangan banyak cairan sehingga rentan mengalami dehidrasi yang fatal. Biar terhindar dari hal yang tidak diinginkan, cukupi asupan air putih setidaknya 8 gelas sehari atau setara dengan 2 liter air. 

  • Makanan Berkuah 

Saat diare, kamu mungkin tidak berselera untuk makan. Namun, sebaiknya hal itu dilawan dan pastikan untuk tetap mengonsumsi makanan yang sehat. Salah satu jenis makanan yang disarankan untuk dikonsumsi adalah makanan berkuah, sehingga bisa membantu mengganti cairan tubuh yang hilang. 

  • Hindari Makanan Tertentu 

Selain makanan yang harus dikonsumsi, ada juga makanan yang sebaiknya dihindari saat diare. Hindari konsumsi makanan yang berlemak dan berminyak saat diare. Disarankan juga untuk membatasi asupan susu dan kafein agar gejala diare tidak semakin parah. 

Sumber : Halodoc

No comments

Powered by Blogger.