Di Kebun Binatang Ini Primata Ikut Zoom Meeting Lho

Simpanse Zoom Meeting. (Foto: Reuters)


KEBUN binatang di Ceko memasang layar besar di salah satu kandang mereka, lalu mulai mengadakan acara temu online antarsimpanse, dari berbagai wilayah di Brno dengan sebuah siaran langsung.

Panggilan Zoom mungkin sekarang telah menjadi cara komunikasi yang membosankan dan monoton bagi manusia. Tetapi primata di kebun binatang di Republik Ceko tampaknya menikmati setiap momen interaksi pada aplikasi panggilan tersebut.

Kebun binatang sedang mencoba cara unik untuk membuat primata mereka yang bosan bermain dan dapat kembali menjalin hubungan dengan primata lain, di tengah penguncian Covid-19 di negara tersebut.

 Simpanse

(Foto: Reuters)

Tanpa adanya pengunjung, simpanse di Dvur Kralove bosan, karena berkurangnya interaksi yang mereka lakukan. Pihak kebun binatang pun mencetuskan ide untuk membuat mereka berinteraksi dengan primata lain yang tinggal sejauh 150 kilometer di Brno melalui panggilan Zoom.

Dengan kata lain, simpanse dapat melihat satu sama lain setiap hari di layar raksasa dengan menggunakan aplikasi Zoom.

Hasilnya ternyata luar biasa karena simpanse di taman terlihat asyik bertatap muka dengan teman-temannya. Proyek eksperimental diluncurkan Kamis lalu untuk mengajak enam primata bertemu melalui layar dan memberikan mereka hiburan di tengah penguncian ketat yang membuat mereka bosan.

Meskipun suara panggilan tidak terdengar, sudah ada banyak aksi dan kegembiraan di antara simpanse untuk melihat teman-temannya dari kejauhan.

"Pada awalnya, mereka mendekati layar dengan gerakan defensif atau mengancam, ada interaksi," kata Gabriela Linhartova, penjaga kera di Dvur Kralove, sebagaimana dilansir dari Timesnownews.

“Sejak saat itu, mode beralih ke mode 'Saya ada di film' atau 'Saya menonton TV'. Ketika mereka melihat beberapa situasi tegang, itu membuat mereka bangkit dari sofa, seperti kita saat kita menonton acara olahraga langsung,” tambahnya.

Menariknya, simpanse kini telah mengadopsi ciri-ciri manusia lainnya seperti meraih camilan sambil menonton layar, lapor The Guardian. Panggilan konferensi berlangsung setiap hari mulai pukul 8 pagi hingga 4 sore dan diharapkan berlanjut hingga akhir Maret.

Jika Anda ingin melihatnya, Anda dapat mengunjungi situs web taman safari.



Sumber : okezone.com

No comments

Powered by Blogger.