Dipecat karena Pandemi, Pilot Ini Kembangkan Kafe Unik Bertema Penerbangan

Kafe unik milik eks pilot Alexander Torres (AEROTIME)

PILOT bernama Alexander Torres (27) asal Prancis tak putus asa saat mendapatkan pemutusan hubungan kerja (PHK) dari perusahaan penerbangan tempatnya bekerja. Ia justru mencoba peruntungan baru dengan mengembangkan bisnis kafe unik bertema penerbangan.

Ketika pandemi COVID-19 melanda bumi sejak tahun lalu, Alex sedang mengikuti pelatihan untuk pekerjaan jarak jauh baru di Qatar Airways dan awalnya mengira perannya akan baik-baik saja, mengingat kekuatan maskapai tersebut.

Tetapi tidak lama kemudian maskapai mulai memangkas para staf sehingga Alex kehilangan pekerjaannya pada Juli 2020.

"Itu seperti kembali ke titik awal saya pada 2012. Saya bertanya pada diri sendiri, 'Apa yang harus saya lakukan?' Biasanya, Anda dapat mencari pekerjaan lain di bidang penerbangan, tetapi kali ini tidak bisa apa-apa," katanya melansir AEROTIME, Selasa (30/3/2021).

Alex mulai berpikir tentang apa lagi yang dia nikmati selain menjadi awak kabin dan mulai muncul ide memasak untuk mendirikan bisnisnya sendiri, menggunakan tabungan.

“Baik tinggal di rumah sembari tidak melakukan apa-apa serta hidup dari tabungan itu dan berharap penerbangan pulih atau gunakan uang tabungannya untuk berinvestasi," ujarnya.

Kedainya itu diberi nama 'Flight7' dibuka di Belfast pada Desember 2020 dan saat ini hanya melayani take away atau tidak makan di tempat karena pembatasan lockdown.

Menu kafe identik dengan macarons, kue kering, sandwich, dan minuman panas yang menggoda, semuanya terinspirasi oleh penawaran makanan dan rute maskapai penerbangan.

Pengunjung bahkan dapat menciptakan kembali perasaan berada di ketinggian 35.000 kaki.

“Meskipun hanya takeaway, ketika Anda memasuki kafe terdapat papan keberangkatan seperti suasananya ruang di bandara dan dapat mendengar suara pesawat. Benar-benar sesuatu yang terinspirasi oleh penerbangan,” Alex menjelaskan.

“Salah satu keuntungan menjadi pilot adalah kami memiliki keterampilan penilaian risiko. Ini adalah alat yang luar biasa untuk dimiliki. Sasarannya adalah untuk bertahan dari pandemi dan kami menghasilkan cukup uang untuk beroperasi, sehingga rencana bisnis berhasil. Saya juga bangga telah menciptakan perkerjaan untuk orang lain," tambahannya.

Meskipun sudah sukses menjadi pembisnis, tentu saja Alex tetap merindukan profesinya sebagai seorang pilot. Ia tidak pernah berputus asa untuk kembali terbang di langit.

“Sebisa mungkin, saya akan kembali. Saya sangat merindukan langit. Pastinya akan menjaga kafe tetap berjalan dengan mencari manajer baru ketika bisa kembali ke dunia penerbangan," pungkasnya.



Sumber : okezone.com

No comments

Powered by Blogger.