Dua perusahaan Taiwan dituduh merekrut bakat semikonduktor untuk China

Ratusan orang Taiwan diburu oleh perusahaan desain IC China 

(Foto Pixabay)

TAIPEI - Penyelidik menyelidiki apakah dua perusahaan Taiwan secara ilegal merekrut ratusan pekerja semikonduktor lokal atas nama perusahaan desain chip China.

Kantor Kejaksaan Distrik New Taipei menerima laporan yang mengklaim WiseCore Technology Co. dan IC Link Limited Co. telah membantu perusahaan desain chip China untuk merekrut bakat dari Taiwan melalui perusahaan rintisan yang didanai China, CNA melaporkan.

Penyelidik menemukan bahwa orang China mempekerjakan mantan staf R&D dari perusahaan desain IC Taiwan sebagai presiden perusahaan rintisan. Para presiden ini kemudian akan merekrut mantan kolega untuk bergabung dengan mereka di usaha baru, yang akan mendirikan pusat R&D besar di Taiwan dan membayar gaji dua kali lipat dari tarif yang berlaku.

Pada saat yang sama, pusat R&D juga menggunakan bank pekerjaan online untuk melakukan headhunt. Dalam tiga tahun terakhir, ratusan orang Taiwan telah direkrut oleh perusahaan China melalui saluran ini, yang secara serius memengaruhi industri semikonduktor Taiwan, CNA mengutip laporan penyelidik.

Kantor kejaksaan mengirim penyelidik untuk mencari bukti pelanggaran di dua perusahaan Taiwan. Mereka juga mewawancarai 19 orang.


Jaksa penuntut mengatakan bahwa menurut undang-undang yang ada, baik industri semikonduktor China maupun siapa pun yang beroperasi atas namanya tidak boleh datang ke Taiwan untuk berinvestasi, mendirikan bisnis semikonduktor, atau beroperasi dalam konteks apa pun tanpa persetujuan dari otoritas Taiwan. 


Sumber : Taiwan news

No comments

Powered by Blogger.