Fakta-Fakta Perayaan Saint Patrick's Day yang Identik dengan Hijau


Perayaan Saint Patrick's Day 2006 (The Kansas City Star)

HARI Santo Patrick atau Saint Patrick’s Day adalah perayaan budaya dan agama di Republik Irlandia tiap 17 Maret. Ini diyakini sebagai tanggal kematian Santo Patrick, seorang misionaris Kristen dan santo pelindung utama Irlandia.

St Patrick’s Day di Irlandia adalah hari libur. Orang-orang merayakannya dengan parade makanan khusus, gelaran musik, tarian, minum-minuman, dan banyak hal berwarna hijau. Hari Santo Patrick juga dirayakan di negara lain oleh komunitas Irlandia.

Berikut fakta menarik St. Patrick’s Day yang dilansir Okezone dari berbagai sumber.

1. Siapa Santo Patrick? 

Dikutip dari Britannica, St. Patrick adalah seorang misionaris Kristen dan santo pelindung Irlandia. Ia lahir di Britania Romawi pada akhir abad ke-4, diculik pada usia 16 tahun dan dibawa ke Irlandia sebagai budak. Dia melarikan diri tetapi kembali sekitar 432 M untuk mengubah orang Irlandia menjadi Kristen.

Pada saat kematiannya pada 17 Maret 461, dia telah mendirikan biara, gereja, dan sekolah. Orang Irlandia merayakan hari itu dengan ibadah dan pesta.

2. Identik dengan Hijau

Hari St. Patrick adalah hari libur yang terkenal dengan parade, shamrocks, dan segala hal yang berbau Irlandia dari leprechaun hingga warna hijau.

Meski berasal dari Irlandia, banyak orang yang mengasosiasikan Hari St. Patrick dengan Hari Perayaan Khas Amerika, karena memang ada beberapa simbol yang murni ciptaan Amerika dan perayaan Saint Patrick Day pertama kali memang digelar oleh Amerika.

Meski dulunya dikaitkan dengan warna biru, kini hari Santo Patrick ini identik dengan warna hijau.

Dikutip dari News 10, hijau telah lama dikaitkan dengan nama panjang Irlandia, Emerald Isle.

Pada abad ke-19 dan ke-20, terjadi peningkatan perpecahan antara keluarga kerajaan Inggris dan orang-orang Irlandia. Seiring waktu, hijau diadopsi sebagai warna pemberontakan Irlandia dan shamrock atau semanggi yang berwarna hijau menjadi simbol perdamaian.

3. Leprechaun

Salah satu ikon hari libur Irlandia ini adalah Leprechaun. Leprechaun adalah tokoh cerita rakyat yang bernama asli "lobaircin", yang berarti "orang bertubuh kecil".

Dikutip dari History, kepercayaan pada leprechaun mungkin berasal dari kepercayaan Celtic pada peri, pria dan wanita kecil yang dapat menggunakan kekuatan magis mereka untuk melayani kebaikan atau kejahatan.

Dalam cerita rakyat Celtic, leprechaun adalah jiwa yang pemarah, yang bertanggung jawab untuk memperbaiki sepatu peri lainnya. Meskipun hanya tokoh kecil dalam cerita rakyat Celtic, leprechaun dikenal karena tipu muslihat mereka, yang sering mereka gunakan untuk melindungi harta karun dongeng mereka.

Leprechaun memiliki liburan mereka sendiri pada tanggal 13 Mei, tetapi juga dirayakan di St. Patrick's Days, karena banyak masyarakat yang berdandan seperti peri yang cerdik tersebut.

4. Makan kubis dan kornet

Setiap tahun, ribuan orang Amerika Irlandia berkumpul dengan orang yang mereka cintai pada Hari St. Patrick untuk berbagi makanan "tradisional" berupa daging kornet dan kubis.

Meskipun kubis telah lama menjadi makanan Irlandia, daging kornet baru mulai dikaitkan dengan Hari St. Patrick pada pergantian abad.

Para imigran Irlandia yang tinggal di Lower East Side Kota New York mengganti daging kornet dengan hidangan tradisional daging asap Irlandia mereka untuk menghemat uang. Mereka belajar tentang alternatif yang lebih murah dari tetangga Yahudi mereka.


Sumber : okezone.com

No comments

Powered by Blogger.