Fanny Liu dikeluarkan TikTok China karena menyebut nanas Taiwan

Liu dikeluarkan Douyin karena berkata 'Aku akan pergi ke Little Unify Taiwan Shop untuk membeli nanas'

Fanny Liu (kiri) mengibarkan bendera Tiongkok. (Weibo, foto CNA)

TAIPEI - Penyanyi kontroversial Taiwan Fanny Liu (劉 樂 妍) dikeluarkan dari TikTok versi China karena mengacu pada nanas Taiwan.

Jumat lalu (26 Februari), Beijing mengumumkan akan melarang semua impor nanas Taiwan, dengan tuduhan bahwa "organisme berbahaya" telah ditemukan dalam buah tersebut. Taiwan menanggapi dengan meluncurkan kampanye "Freedom Pineapple" dan dalam empat hari, perusahaan dan individu Taiwan memesan 41.687 metrik ton nanas, melebihi nilai ekspor setahun ke China, sementara Jepang memesan tambahan 6.200 ton.

Liu, yang tidak asing dengan kontroversi, sangat ingin mempertimbangkan pertengkaran buah ini. Pada tanggal 1 Maret, dia memposting video buah di Weibo di mana dia menunjuk ke buah untuk dijual dan berkata "Ini disebut boluo [kata untuk nanas yang digunakan di China]. Kami tidak makan fengli Taiwan [kata Taiwan untuk nanas]. "

Liu membuat komentar sinis tentang nanas Taiwan. (Gambar Weibo)

Dalam postingan tersebut, dia juga dengan sinis berterima kasih kepada "Tanah Air" atas kebijakan yang menguntungkan Taiwan dan memungkinkan orang Taiwan untuk makan "nanas Taiwan". Dia kemudian mengunggah video tersebut ke Douyin, TikTok versi China, yang juga dimiliki oleh ByteDance.


Namun, setelah dia mengupload video tersebut, video tersebut segera dihapus dan akun Douyin miliknya dikunci. Dia mengatakan bahwa dia menerima pemberitahuan dari Douyin bahwa akunnya dihapus karena pernyataannya "Saya akan ke Little Unify Taiwan Shop untuk membeli nanas," melanggar "hukum, peraturan, dan kebijakan atau norma perilaku langsung dan aturan platform lainnya. "menurut tangkapan layar yang dia posting di Weibo pada 4 Maret.

Muncul untuk menunjukkan bahwa dia mengalami masalah yang sama sebelumnya, dia menulis "Akun lama telah dihapus lagi." Tidak terpengaruh oleh hukuman tersebut, dia membuat akun Douyin baru dan dengan senang hati mengarahkan penggemarnya untuk mengikutinya ke sana.

Liu memposting penjelasan mengapa akun Douyin-nya telah dihapus. (Gambar Weibo)

Sumber : Taiwan news

No comments

Powered by Blogger.