Gara-Gara Tes Hormon, Aprilia Manganang Gagal Ikut Kejuaraan Atletik Pelajar Asia

Aprilia Manganang. (Foto: Instagram/@manganang92)

MANADO – Mantan pevoli putri Indonesia, Aprilia Manganang, ternyata sempat menggeluti dunia atletik. Aprilia bahkan sempat diutus mengikuti kejuaraan atletik pelajar Asia di Jepang. Tetapi, dia gagal mengikutinya karena tes hormon.

Hal ini dituturkan oleh mantan pelatih basket Aprilia Manganang, yakni Fredy H Kojongian. Dia menyampaikan bahwa Aprilia gagal berlaga di ajang kejuaraan atletik pelajar Asia di Jepang karena hormon testosteron (hormon pria) lebih tinggi daripada hormon progesteron (hormon perempuan).

Aprilia Manganang

"Dari awal, dia ikut kejuaraan pelajar Asia di Jepang, cuma karena waktu tes gen, dia tidak bisa ikut kejuaraan atletik untuk perorangan,” tutur Fredy H Kojongian kepada MNC Portal Indonesia, Rabu (10/3/2021).

“Tapi kalau dia beregu, sebenarnya boleh ikut. Tapi, karena dia perorangan secara otomatis (gagal) karena hormon testosteron atau hormon laki-lakinya lebih tinggi daripada hormon wanita, maka tidak diizinkan dia untuk tampil, waktu itu dia masih SMP," lanjutnya.

Soal kemampuan Aprilia Manganang dalam dunia atletik, Fredy H Kojongian menyatakan bahwa atlet kelahiran 27 April 1992 itu punya bakat yang gemilang. Bahkan, Aprilia berhasil jadi yang tercepat saat diadu dengan sprinter nasional asal Sulawesi Utara era 1980-an hingga awal 2000-an, yakni Dessy Sumigar.

"Aprilia sudah masuk finis, begitu dia menoleh ke belakang, Dessy baru memasuki garis finis," jelas Lexy -sapaan akrab Fredy H Kojongian.

Bakat gemilang ini menunjukkan bahwa Aprilia memang punya kemampuan luar biasa di dunia olahraga. Di dunia voli, Aprilia juga diketahui berhasil mengantarkan Timnas Voli Putri Indonesia merebut beragam prestasi di kancah internasional. Di antaranya meraih medali perunggu di SEA Games 2015.

Berkat aksi gemilangnya di dunia voli, nama Aprilia Manganang pun kian melambung. Dia kerap menjadi sorotan setiap beraksi di atas lapangan.

Aprilia Manganang

Kini, sosok Aprilia tengah menjadi ramai disorot kembali oleh publik Tanah Air lantaran baru saja membuat pengumuman mengejutkan soal status gendernya. Ia dinyatakan merupakan seorang laki-laki sejati.

Kabar soal gender Aprilia ini disampaikan oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Andika Perkasa. Dia menyatakan bahwa Aprilia memang seorang pria sejati sejak lahir, tetapi sang prajurit TNI berpangkat Sersan Dua itu mengalami kelainan hipospadia sehingga sempat dinyatakan sebagai perempuan.


Sumber : okezone.com

No comments

Powered by Blogger.