Hong Kong memperketat pemeriksaan nanas Taiwan

Menyusul larangan China, Hong Kong akan menghancurkan isi wadah buah jika ditemukan serangga

Inspeksi pengetatan Hong Kong untuk buah-buahan dari Taiwan, termasuk nanas. (Foto CNA)

TAIPEI - Pihak berwenang di Hong Kong memperketat pemeriksaan impor buah dari Taiwan, yang mengarah ke spekulasi bahwa wilayah itu akan segera mengikuti jejak China dan melarang impor nanas Taiwan, laporan mengatakan Kamis (4 Maret).

Larangan tak terduga China pada 1 Maret memicu kemarahan di Taiwan, dengan klaim Beijing telah menemukan "makhluk berbahaya" pada buah dipandang sebagai alasan terselubung untuk balas dendam bermotif politik. Akibatnya, organisasi dan individu di seluruh Taiwan meningkatkan pembelian buah-buahan lokal mereka, menghasilkan ekspor sepanjang tahun ke China hanya dalam beberapa hari.


Departemen Pertanian, Perikanan, dan Konservasi Hong Kong mengatakan bahwa jika inspeksi wadah impor mengungkapkan hama, maka akan mengambil langkah yang diperlukan untuk melarang impor dan menghancurkan isi wadah yang melanggar, ETtoday melaporkan Kamis. Importir wadah buah di Hong Kong tidak perlu mengajukan izin impor atau menyertakan bukti inspeksi tanaman di negara asalnya, menurut laporan itu.

Taiwan sebelumnya mengekspor sekitar 10 persen nanasnya, 95 persen di antaranya pergi ke China, statistik resmi menunjukkan.

Sumber : Taiwan news

No comments

Powered by Blogger.