Ingin Mulai Bisnis Kecil-kecilan? Intip 3 Perencanaannya


Bagi sebagian orang, keputusan untuk memulai bisnis adalah keputusan yang membutuhkan penelitian bertahun-tahun dan pertimbangan yang matang, tetapi tidak demikian untuk sebagian lainnya. Namun, sebelum membuka usaha, seseorang wajib melakukan perencanaan terlebih dahulu.

Setiap langkah dalam proses memulai bisnis itu penting, tetapi ada satu fase yang tidak bisa dilewati, yaitu fase perencanaan. Pada fase ini, seseorang harus fokus pada tiga rencana penting untuk melakukannya dengan benar dan memberikan peluang terbaik bagi bisnis kecil untuk bertahan hidup.

Dilansir dari The Balance Small Business, tiga perencanaan awal yang relevan untuk bisnis kecil adalah rencana bisnis, rencana pemasaran, dan rencana keuangan. Meskipun masing-masing paling baik dibuat sebagai dokumen terpisah, ketiganya tumpang tindih di beberapa area dan mereka harus bekerja sama.

Berikut ini telah dirangkum 3 perencanaan awal yang telah disebutkan sebelumnya.

1. Rencana Bisnis

Rencana bisnis yang bisa dilakukan pertama kali adalah menentukan visi dan misi bisnis, tujuan, strategi, perhitungan modal awal, pengeluaran, serta penghasilan yang diproyeksikan. Berikut sekilas penjelasannya:

• Visi: Apa yang Anda ciptakan?

• Pernyataan Misi: Apa tujuan bisnis Anda?

• Tujuan: Apa tujuan bisnis Anda ?

• Strategi: Bagaimana, apa, dan dimana?

• Modal Awal: Berapa banyak yang perlu Anda luncurkan?

• Pengeluaran: Berapa biayanya setiap bulan agar bisnis Anda tetap berjalan?

• Penghasilan yang Diproyeksikan: Apa yang Anda harapkan untuk diperoleh? Dukung ini dengan penelitian!

Rencana bisnis kerja ini mungkin merupakan awal dari rencana bisnis yang digunakan untuk menarik investor atau untuk mengajukan pinjaman.

Kemudian lagi, mungkin hanya itu yang dibutuhkan untuk menguraikan di mana posisi awal saat ini, menentukan ke mana ingin pergi, dan membuat rencana untuk berpindah dari Titik A ke Titik B. Dengan hanya berfokus pada item penting yang tercantum di atas, seseorang bisa mendapatkan hingga memahami bisnisnya jauh lebih produktif.

2. Rencana Pemasaran

Setelah menyusun rencana awal bisnis, sekarang saatnya untuk membuat rencana pemasarannya. Rencana pemasaran ini sangat berguna untuk menarik banyak pelanggan dan mulai menciptakan aliran pendapatan.

Rencana pemasaran bisa dibuat dengan banyak cara. Namun, dalam setiap rencana sebaiknya harus mencangkup :

• Strategi: Apa yang Anda ingin rencana pemasaran lakukan untuk bisnis Anda?

• Pernyataan Misi: Apa tujuan bisnis Anda? Ini adalah misi yang sama dengan yang Anda masukkan dalam rencana bisnis Anda.

• Target Pasar: Siapa pelanggan ideal Anda?

• Analisis Kompetitif: Siapa pesaing Anda?

• Unique Selling Proposition : Apa yang membuat bisnis Anda unik?

• Harga: Berapa yang akan Anda kenakan untuk produk dan layanan Anda?

• Rencana Promosi: Bagaimana Anda akan mencapai target pasar Anda?

• Anggaran Pemasaran: Berapa banyak uang yang akan Anda belanjakan, dan untuk apa?

• Metrik: Bagaimana Anda akan melacak keberhasilan aktivitas pemasaran Anda?

Langkah terakhir sering kali terlewatkan, tetapi ini sangat penting. Luangkan waktu untuk memikirkan secara detail bagaimana akan melacak keberhasilan atau kegagalan dengan berbagai taktik pemasaran sehingga dapat membantu membuat keputusan yang lebih bijak dengan setiap kampanye pemasaran yang diluncurkan.

3. Rencana Keuangan

Terakhir yang perlu dilakukan adalah membuat rencana keuangan. Rencana ini merupakan yang sangat penting dari ketiga rencana ini. Tanpa dana untuk meluncurkan dan memelihara bisnis, kemungkinan besar bisnis akan tersendat dan mati ketika bahan bakar finansial habis.

Ingatlah bahwa kebanyakan bisnis baru membutuhkan waktu berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun untuk mulai menghasilkan keuntungan. Inilah sebabnya mengapa Anda harus memastikan dasar keuangan Anda tercakup sampai Anda dapat menciptakan arus kas yang sehat.

Mulailah membuat rencana keuangan dengan mencari tahu berapa banyak modal yang diperlukan untuk memulai bisnis dan dari mana asal modal itu. Buat spreadsheet dari semua biaya yang diantisipasi dalam meluncurkan bisnis.


Sumber :Okezone Tv




No comments

Powered by Blogger.