Ini 5 Destinasi Wisata Unik di Indonesia yang Wajib untuk Dikunjungi



Indonesia dengan segala keanekaragaman dan kekayaan yang alam dimiliki kerap disebut sebagai salah negara destinasi liburan yang wajib untuk dikunjungi, setidaknya sekali dalam seumur hidup. Kecantikan tempat wisata di Indonesia pun beragam, mulai dari pegunungan, daratan, hingga bawah laut. Dengan keindahan alam tersebut, wisata Indonesia juga menawarkan keunikan ragam budaya di tiap daerah untuk dapat dipelajari. 

Demikian banyak destinasi wisata yang ada di Indonesia, kerap membuat setiap orang bingung menentukan pilihan ke mana mereka akan menghabiskan waktu liburan. Namun, Anda tak usah khawatir. Berikut lima tempat wisata di Indonesia yang bisa dijadikan tujuan wisata untuk menghilangkan lelah dan penat.

1. Kepulauan Trio Gili di Lombok 
Kepulauan Trio Gili merupakan kumpulan dari tiga pulau, yaitu Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air. Lokasi ketiga pulau ini saling berdekatan di Lombok. Kecantikan ketiga pulau tersebut tak cuma dikenal wisatawan domestik, tetapi juga mancanegara. 

Saat liburan di sana, wisatawan bisa melakukan aktivitas favorit, seperti berjemur dan snorkeling. Untuk mendukung kebutuhan wisatawan, di sana juga terdapat berbagai cafe dan tempat hiburan. Dengan begitu, momen untuk menikmati keindahan dari pulau ini semakin terasa. Selain itu, di Trio Gili terdapat pula jasa yang menawarkan untuk naik delman berkeliling pulau sebagai salah satu cara asik menikmati keindahan Trio Gili. 

2. Kabupaten Tana Toraja Tana 
Toraja merupakan destinasi wisata yang ideal bagi wisatawan yang ingin mengeksplorasi keindahan Indonesia dari sisi adat dan budaya. Untuk diketahui, masyarakat Tana Toraja punya salah satu upacara pemakaman yang disebut dengan Rambu Solo’. Upacara ini memiliki berbagai ritual yang sarat makna. Selain itu, wisata ini cocok bagi Anda yang suka tantangan. 

3. Kepulauan Raja Ampat di Papua Barat 
Kepulauan yang terletak pada bagian barat Indonesia ini kini semakin diminati para wisatawan sebagai tujuan utama liburan. Tak hanya wisatawan domestik, tetapi juga mancanegara. Keindahan dan kekayaan bawah lautnya tak perlu diragukan lagi. Pasalnya, Raja Ampat memiliki ragam biota laut yang masih terjaga. Selain menyelam menikmati keindahan bawah laut, wisatawan juga dapat mengenal lebih jauh budaya yang dimiliki masyarakat di sekitar kepulauan ini. 

4. Pulau Kakaban dengan Danau Ubur-uburnya 
Pulau Kakaban yang masih menjadi bagian dari Kepulauan Derawan ini memiliki danau yang cukup unik dan menarik. Danau yang dinamai Danau Ubur-ubur ini memiliki berbagai macam spesies ubur-ubur. Bagi Anda yang senang dengan kegiatan snorkeling tak usah khawatir tersengat ubur-ubur. 

Jenis ubur-ubur di danau tersebut adalah ubur-ubur berukuran mini sehingga tidak menyebabkan sengatan berbahaya. Konon, menurut cerita warga setempat, sengatan ubur-ubur di sana semakin luntur karena mereka tidak memiliki predator. Dengan begitu, ubur-ubur tidak perlu melindungi diri dengan kemampuan khasnya tersebut. 

5. Taman Laut Bunaken 
Bagi Anda yang punya hobi mengeksplor keindahan bawah laut, Taman Laut Bunaken merupakan pilihan yang tepat untuk menyelam. Tempat wisata satu ini terkenal akan air lautnya yang jernih. Biota laut Bunaken juga masih terjaga dengan baik sehingga menarik wisatawan yang hobi snorkeling untuk melihat keindahan bawah laut dengan mata kepala sendiri. 

Bahkan, saking jernihnya, keindahan laut Bunaken dapat dinikmati tanpa menyelam, yaitu dengan kapal selam mini yang disebut Subsea. Subsea memberikan pelayanan dan fasilitas kepada wisatawan Bunaken untuk melihat dari ruang bawah kapal melalui jendela-jendela yang ada. Itulah lima destinasi wisata di Indonesia yang patut dikunjungi untuk mengisi liburan Anda. Untuk bisa liburan ke sana, Anda tak usah khawatir terkait mobilitas dan transportasi. Untuk menghemat waktu, Anda bisa ke lokasi wisata dengan mengandalkan moda transportasi pesawat. Apalagi, kini tersedia berbagai diskon yang ditawarkan dengan cuma-cuma. 



Sumber :Kompas.com


No comments

Powered by Blogger.