Jatuhnya permukaan air di danau Taiwan Tengah yang indah mengancam pembangkit listrik

Patung 'Sembilan Katak' Danau Sun Moon yang terkenal sekarang berada di tanah kering

Sembilan katak Danau Sun Moon duduk di tanah kering (foto CNA)

TAIPEI - Jika permukaan air di Danau Sun Moon Taiwan Tengah yang indah turun 5 meter lagi, pembangkit listrik lokal akan terancam, laporan mengatakan Sabtu (13 Maret).

Taiwan tengah dan selatan dilanda kekeringan parah setelah setahun tanpa topan, dengan pembatasan lokal diberlakukan dan fabs semikonduktor harus mengandalkan membawa air ekstra dengan truk.

Danau Sun Moon dan waduk Wushe di dekatnya di Kabupaten Nantou memainkan peran kunci dalam menyediakan air untuk pembangkit energi hidro di wilayah tersebut, CNA melaporkan. Tingkat air yang rendah di danau telah menyebabkan patung sembilan katak yang duduk di atas satu sama lain muncul sepenuhnya dari air, dengan gulma tumbuh di tanah di sekitar mereka, kata laporan.

Beberapa dermaga yang melayani perahu wisata telah ditutup, dan bekas desa adat yang pernah terkubur di dasar danau juga terlihat.

Ketinggian air telah turun dari normalnya 748,48 meter kali 10 m menjadi 737,69 m. Menurut peraturan pemerintah, jatuh ke ketinggian 735 m akan memicu pertemuan darurat otoritas perairan, sementara ketinggian di bawah 732 m akan mempersulit produksi listrik.


Tingkat minimum absolut yang diperlukan untuk energi hidro adalah 727 m, meskipun para pejabat memperkirakan ketinggian air tidak mungkin turun serendah itu karena perubahan yang dilakukan untuk memungkinkan lebih banyak air masuk ke sistem dari hulu.

Sumber : Taiwan news

No comments

Powered by Blogger.