Kampung Madang, Destinasi Wisata Baru di Purwakarta



Kabupaten Purwakarta banyak menyimpan destinasi wisata dengan keindahan alam yang mampu memanjakan mata.

Di Kecamatan Sukasari misalnya, terdapat beragam lokasi bermunculan menjadi tempat wisata favorit baru yang layak dikunjungi.

Seperti halnya lokasi wisata Kampung Madang yang berada di Desa Kertamanah.

Selain menyajikan pemandangan perairan Waduk Jatiluhur, di Kampung Madang juga pengunjung dapat memanfaatkan fasilitas lain seperti spot foto, rakit pemancingan, hingga lokasi berkemah yang membuat betah pengunjung.

Terlebih, lokasi Kampung Madang diapit sejumlah bukit serta tepat di bawah pegunungan Sanggabuana.

Ketua Karang Taruna Kampung Madang, Rojak mengatakan, setiap harinya Kampung Madang tak pernah sepi pengunjung, terutama pada libur panjang.

"Pengunjung asal Purwakarta juga luar Purwakarta seperti Karawang, Bekasi, Bogor juga datang ke sini melalui jalan alternatif yaitu melalui jalan arah Loji. Selain liburan biasanya pengunjung datang secara rombongan untuk berkemah" Kata dia.

Di Kampung Madang juga tersedia fasilitas menunjang kenyamanan pengunjung, seperti warung makan (liwet dan ikan bakar), mushala, dan toilet.

Ia mengaku lokasi ini didorong menjadi tempat wisata di Kecamatan Sukasari, diharapkan bakal menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Kabupaten Purwakarta.

"Bagi yang ingin berwisata ke Kampung Madang pengunjung cukup membayar tiket masuk Rp5.000 untuk motor dan Rp10.000 untuk mobil. Namun bila berkemah, akan dipungut biaya Rp10.000 per orang," kata dia.

Tak hanya itu, pihak pengelola juga menyediakan sewa matras Rp20.000 kapasitas empat orang, Sewa lampu Rp10.000, jual kayu bakar Rp20.000/ikat, dan sewa sofa bed Rp10.000.

"Bagi yang tidak membawa tenda untuk camping, kami juga menyediakan paket lengkap seharga Rp200.000 dengan fasilitas 1 unit tenda dan matras untuk kapasitas 4 orang, 1 unit lampu, 1 unit sofa bed, serta 1 ikat kayu bakar. Jadi wisatawan tinggal datang saja, kami sediakan fasilitas untuk berkemah," ucap dia.

Terpisah, Pjs Kepala Desa Kertamanah, Sundana mengatakan, jika Kampung Madang mampu sudah berkembang dan dikenal banyak wisatawan, akan berdampak pada roda perekonomian warga.

Untuk itu, pihaknya bersama karang taruna melakukan pembenahan baik akses jalan serta kerja sama dengan warga sekitar.

"Kampung Madang ini bakal jadi destinasi wisata andalan di desa kami. Warga diberi kesempatan yang luas untuk dapat membuka berbagai usaha yang mendukung wisatawan seperti usaha kuliner dansuvenir," ujar Sundana.


Sumber :Ayobandung.com




No comments

Powered by Blogger.