Kaohsiung Taiwan melaporkan kasus demam berdarah impor pertamanya pada tahun 2021

Pasien dari kota Taiwan selatan didiagnosis setelah perjalanan ke Filipina

(Foto Pixabay)

TAIPEI - Kaohsiung telah mencatat kasus pertama demam berdarah impor tahun ini pada seorang pasien pria yang baru-baru ini bepergian ke Filipina untuk bekerja, menurut Departemen Kesehatan (DOH) kota tersebut.

Pasien, yang berusia 40-an, mengunjungi negara Asia Tenggara itu antara 4 Februari dan 19 Maret dan mulai menunjukkan gejala pada 20 Maret saat dikarantina di rumah di Kaohsiung. Gejalanya meliputi demam, sakit kepala, sakit tenggorokan, nyeri otot, dan ruam.

Pasien dinyatakan positif terkena virus dengue pada hari yang sama. Dia pada 21 Maret dipastikan telah tertular penyakit yang ditularkan nyamuk dan telah dirawat di rumah sakit.

Menurut DOH, dia telah mencari perawatan medis selama tinggal di Filipina setelah jatuh sakit pada 15 Maret.

Disinfeksi telah dilakukan di lingkungan pria itu. Investigasi epidemiologi di daerah tersebut menemukan puluhan wadah berisi genangan air dan jentik-jentik nyamuk.



Mereka yang bepergian ke Asia Tenggara, di mana demam berdarah dan COVID-19 lazim, harus tetap waspada terhadap penyakit menular. Masyarakat juga diimbau untuk mengeringkan genangan air di sekitarnya sebagai tindakan pencegahan.

Sumber : Taiwan news

No comments

Powered by Blogger.