Kapal Taiwan Evergreen berhasil diapungkan kembali

Kapal kontainer evergreen copot dari Terusan Suez setelah 6 hari

Posisi kapal pada 23 Maret (kiri), orientasi kapal pada 28 Maret (kanan). (gambar Vesselfinder.com)

TAIPEI - Kapal besar sewaan Taiwan yang terdampar di Terusan Suez telah diapungkan kembali dan diamankan setelah cobaan enam hari yang telah merugikan pengirim global miliaran dolar karena penundaan.

Ever Given berbendera Panama, yang disewa oleh Evergreen Marine Corp. dan dimiliki oleh perusahaan Jepang Shoei Kisen Kaisha, terjepit di samping di Terusan Suez pada tanggal 23 Maret. Setiap hari ketika kapal tetap bersarang di sana, lalu lintas maritim sebesar US $ 9,6 miliar tertunda .


Pada pukul 4:30 waktu Mesir (10:30 waktu Taipei) pada hari Senin (29 Maret), penyedia layanan pengiriman Inchcape Shipping melaporkan di Twitter bahwa kapal tersebut telah "berhasil diapungkan kembali" dan "diamankan". Itu termasuk peta yang menunjukkan bahwa kapal telah diratakan dan dipindahkan dari tepi sungai.


Evan Hill, seorang reporter New York Times, pada pukul 11:42, memposting video yang menunjukkan kapal raksasa itu telah dibebaskan dan mengapung sekali lagi. Tepat pada saat yang sama, Joyce Karam, koresponden senior di The National, memposting video di mana para awak kapal bersorak-sorai dan klakson kapal meraung-raung untuk merayakan momen saat kapal raksasa itu "lepas dan bergerak" ke Terusan Suez.

Belum diketahui kapan lalu lintas akan dilanjutkan di kanal.
Sumber : Taiwan news

No comments

Powered by Blogger.