Ketahui Bahaya Es Batu yang Mengandung Bakteri


Apakah kamu suka jajan minuman sembarangan? Jika iya, sebaiknya mulai kurangi kebiasaan tersebut. Kebersihan minuman yang dijual, terutama yang di pinggir jalan, sebenarnya tidak dapat dipastikan. Misalnya, dari es batunya saja, kamu tentu tidak bisa memastikan apakah dibuat dari air matang atau air mentah. 

Jika ternyata terbuat dari air mentah, tentu ada banyak bakteri penyebab penyakit yang terkandung di dalamnya. Belum lagi jika kebersihan peralatan yang digunakan untuk meracik minuman tidak bersih, risiko kamu terkena penyakit bisa saja meningkat. 

Es Batu Rentan Terkontaminasi Bakteri
Mengutip laman The Philadelphia Inquirer, sebuah penelitian baru menemukan bahwa es batu yang dibuat di rumah juga tidak terjamin bebas mikroba. Para peneliti menganalisis 60 sampel es batu di tiga lingkungan, yaitu rumah, restoran, dan fasilitas industri yang menghasilkan es batu. 

Hasilnya, para peneliti menemukan bakteri di ketiga sampel es batu tersebut, meskipun sampel dari fasilitas industri rata-rata lebih bersih. Jadi, dapat dikatakan bahwa es batu, yang memang bahan dasarnya air, sangat mudah terkontaminasi oleh bakteri. 

Jennifer Quinlan, profesor di departemen ilmu nutrisi Universitas Drexel, yang tidak terlibat dalam penelitian tersebut, mengatakan bahwa secara umum, jumlah dan jenis bakteri yang ditemukan dalam sampel es batu serupa dengan yang ditemukan di udara dan air keran.

Satu-satunya jenis bakteri yang membuat Quinlan khawatir adalah Staphylococcus, yang menurutnya mungkin berasal dari tangan seseorang yang tidak dicuci. Jadi, selain memastikan air yang digunakan adalah air matang, penting juga untuk selalu mencuci tangan sebelum menyiapkan minuman atau menyentuh es batu.

Es Batu, Mengandung Bakteri Dapat Menyebabkan Penyakit
Es batu yang mengandung bakteri, terutama jika terbuat dari air mentah, dapat menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan, cepat atau lambat. Salah satu gangguan kesehatan yang dapat terjadi akibat konsumsi es batu yang mengandung bakteri adalah sakit tenggorokan. 

Beberapa gangguan kesehatan yang lebih parah juga bisa terjadi jika kekebalan tubuh kamu sedang lemah saat mengonsumsi es batu yang mengandung bakteri. Lalu, bagaimana cara menghindari konsumsi es yang terbuat dari air mentah atau yang mengandung bakteri? 

Kamu harus mengetahui ciri-cirinya. Hal pertama yang dapat terlihat adalah penampilan es batu, apakah terlihat bening atau berwarna putih susu. Es batu yang berbahan dasar air mentah biasanya akan berwarna putih susu, karena ada endapan di bagian tengah es yang ikut membeku. 

Sebaliknya, ciri es batu yang menggunakan bahan dasar air matang akan terlihat bening. Hal ini karena gas dan zat-zat berbahaya sudah terurai saat proses perebusan dan tidak ada yang mengendap pada es batu. Oleh karena itu, kamu perlu lebih cermat dan bijak ketika membeli minuman. 

Jika memungkinkan, usahakan untuk tidak jajan minuman sembarangan dan membuatnya sendiri. Namun, meski sudah menggunakan air matang, es batu juga mudah terkontaminasi bakteri. Jadi, ketika membuat minuman, pastikan kamu sudah mencuci tangan sebelumnya.


Sumber : Halodoc

No comments

Powered by Blogger.