Kisah Supir Bajaj Jual Rumah Demi Biaya Sekolah Cucu, Dijuluki Pahlawan



  Kakek 74 tahun ini dijuluki pahlawan. Bukan karena dia punya kekuatan super atau menggagalkan aksi kriminal. Netizen memberinya predikat pahlawan karena menyelamatkan cucunya dari ancaman putus sekolah.

Deshraj Jyot Singh, akan melakukan segala cara demi mengantarkan sang cucu mencicipi bangku kuliah. Termasuk kerja siang-malam sampai menjual rumahnya sendiri. Semuanya untuk membiayai cucunya sekolah.

Deshraj sehari-harinya bekerja sebagai supir bajaj di India. Uang yang dia kumpulkan hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari keluarga, termasuk cucunya.

Suatu hari, sang cucu meminta pendapat Deshraj, apakah dia harus berhenti sekolah setelah ayahnya --anak Deshraj-- meninggal dunia. Mendengar itu, Deshraj langsung berkata pada cucunya untuk tetap melanjutkan pendidikan dan dia akan melakukan apapun yang ia bisa.
Dari situlah Deshraj mulai kerja lembur setiap hari. Dia pun menambah jam kerjanya menarik bajaj dari pagi hingga malam hari.

"Saya berangkat pukul 6 pagi dan menarik bajaj sampai tengah malam. Dengan itu saya bisa mendapatkan penghasilan 10,000 rupee (sekitar Rp 1,9 juta) sebulan. Setelah membayar uang sekolah dan alat tulis 6,000 rupee, sisa 4,000 rupee untuk makan 7 orang," ujar Deshraj, seperti dikutip dari Elite Readers.

Penghasilan yang ia dapat setiap bulan tentu tidak cukup untuk membiayai kuliah cucunya yang bercita-cita menjadi guru. Sebab dia harus tinggal di luar kota. Deshraj pun menjual rumah satu-satunya yang dia dan keluarganya tinggali.


"Menguliahkannya di kota lain jauh di luar kemampuan saya, tapi saya harus mewujudkan mimpinya... dengan cara apapun. Jadi, saya jual rumah kami dan membayar biaya kuliah. Lalu saya mengirim istri, menantu dan cucu-cucu yang lain ke rumah salah satu kerabat, sementara saya tetap di Mumbai hidup tanpa atap," tuturnya.

Setelah menjual rumah, Deshraj memang tidak punya tempat tinggal lagi dan setiap malam tidur di dalam bajaj. Tapi menurutnya pengorbanan itu sepadan. Ia hanya berharap cucunya nanti sukses menjadi guru dan membuatnya bangga. Sebab cucu perempuannya itu akan jadi lulusan universitas yang pertama di keluarganya.

Kisah Deshraj Mencuri Perhatian Netizen
Kisah Deshraj yang inspiratif viral di media sosial dan membuat banyak netizen haru. Mereka pun berinisiatif menggalang dana untuk membantu sang kakek membeli rumah.

Salah satu netizen menginisiasi penggalangan dana dengan target 2 lakh rupee atau setara Rp 398 jutaan. Tak disangka, penggalangan dana melebihi target dan berhasil terkumpul 24 lakh rupee atau sekitar Rp 478 juta.

Deshraj pun kini sudah tinggal di rumah yang layak. Sementara cucunya tetap bisa melanjutkan pendidikan.

"Dukungan diterima Deshraj sangatlah besar! Berkat bantuan kalian semua, sekarang dia punya rumah, sekaligus bisa menyekolahkan cucunya! Terima kasih banyak," tulis akun Humans of Bombay di laman Facebook.

Deshraj pun kini mendapat julukan yang populer di kalangan netizen. Sang cucu memanggilnya 'Hero Papa Ji' dan orang-orang juga menyebutnya begitu.

Sumber :wolypop

No comments

Powered by Blogger.