Kucing Suka Menggesekkan Kepalanya ke Manusia, Ini Alasannya


Ilustrasi kucing peliharaan. (Foto: Jari Hytonen/Unsplash)

KUCING merupakan salah satu hewan yang dipelihara banyak orang. Pasalnya, kucing sangat lucu dan penurut. Tapi kadang kucing menunjukkan perilaku tertentu yang unik. Salah satunya adalah kucing suka menggesekkan kepalanya ke manusia.

Tidak seperti lainnya, kebiasaan kucing yang satu ini memiliki penjelasan relatif jelas. Kucing mempunyai kelenjar aroma di dahi yang melepaskan feromon. Demikian dilansir laman Mentalfloss, Jumat (19/3/2021).


Dikarenakan kucing menggunakan wewangian untuk mengenali bentuk kehidupan yang bersahabat, kucing yang menepuk-nepuk kepalanya mentransfer feromon itu kepada manusia atau orang yang memeliharanya. Pada dasarnya kucing menandakan bahwa orang tersebut adalah bagian dari kawanannya.

Kucing. (Foto: Chunleu Ju/Unsplash)

Tindakan ini sebenarnya dikenal sebagai "head bunting" dan biasanya dilakukan untuk pemimpin koloni kucing. Mereka mungkin juga membentur kaki atau lengan kepada manusia.

Meskipun manusia mungkin menganggapnya hal biasa saja, kucing ternyata melakukannya untuk menandai wilayah teritorinya. Kucing pun akan lebih menjaganya.

Kucing cenderung menggesek-gesekkan kepalanya hanya jika mereka menyukai targetnya. Manusia bisa membalasnya dengan membelainya, menunjukkan rasa kasih sayang.

Tapi ada hal yang mesti diingat, jika kucing menggesekkan bokongnya kepada manusia, bisa jadi tanda ketidaknyamanan dan perlu datang ke dokter hewan.



Sumber : okezone.com

No comments

Powered by Blogger.