Liverpool Lebih Akrab dengan Puskas Arena ketimbang Anfield

Liverpool (Foto: Reuters)

BUDAPEST – Liverpool memastikan diri lolos ke perempatfinal Liga Champions 2020-2021 usai menang 2-0 atas RB Leipzig dalam leg II 16 besar yang berlangsung di Puskas Arena, Budapest, Hungaria, Kamis (11/3/2021), dini hari WIB. Secara agregat, Liverpool menang 4-0 atas Leipzig.

Liverpool bertindak sebagai tuan rumah dalam leg II, tetapi pertandingan terpaksa berlangsung di Puskas Arena karena pembatasan perjalanan akibat pandemi Covid-19. Meski begitu, perpindahan kandang itu ternyata menguntungkan Liverpool.

Sebagaimana diketahui, Liverpool terpuruk setiap kali bermain di Anfield sejak memasuki 2021. The Reds -julukan Liverpool- kalah enam kali beruntun di Anfield dan cuma mampu mencetak satu gol.

Nasib buruk dalam partai kandang tidak mengikuti Liverpool saat menjadi tuan rumah di Puskas Arena. Setelah mengalahkan Leipzig, Liverpool membuat catatan unik. Menurut Squawka, Liverpool mencetak lebih banyak gol di Puskas Arena sebagai tuan rumah, yaitu dua, ketimbang waktu bermain di Anfield.

Namun, kemenangan atas Leipzig di Puskas Arena juga tidak menandakan Liverpool telah keluar dari tren negatif mereka. Sebab, penampilan Liverpool belum menyakinkan dalam pertandingan tersebut.

Liverpool memulai pertandingan dengan baik dan mendapatkan beberapa peluang untuk memecah kebuntuan, tetapi gagal. Hal itu memberi Leipzig kesempatan untuk bangkit dan merepotkan pertahanan Liverpool.

Sejak akhir babak pertama hingga sebelum gol Mohamed Salah (70’) tercipta, Liverpool berada di bawah tekanan Leipzig. Akan tetapi, keadaan berubah setelah Liverpool unggul 1-0 karena Leipzig lebih agresif.

Liverpool memanfaatkan lubang di pertahanan Leipzig untuk menciptakan gol kedua melalui kaki Sadio Mane (74’). Setelah itu, Liverpool membiarkan Leipzig lebih banyak menguasai bola demi mengamankan skor.

Liverpool vs Leipzig (Foto: Reuters)

Keputusan bijak itu berbuah tiket perempatfinal bagi Liverpool. The Reds harus berjuang mati-matian agar bisa menjuarai Liga Champions musim ini.

Jika gagal, Liverpool mungkin tidak akan berlaga di Liga Champions musim depan. Pasalnya, posisi mereka di klasemen sementara Liga Inggris cukup jauh dari zona empat besar.


Sumber : okezone.com

No comments

Powered by Blogger.