Pasangan Suka Selingkuh? Bisa Jadi Ia Punya Kepribadian Ini

Pasangan Suka Selingkuh? Bisa Jadi Ia Punya Kepribadian Ini 

Potensi selingkuh ternyata bisa dikaitkan dengan kepribadian seseorang. Dokter spesialis kesehatan jiwa dr. Aimee Nugroho, Sp.KJ. menjelaskan bahwa dalam ilmu psikologis kepribadian seseorang dibedakan menjadi tiga kluster.

"Kluster A cenderung pendiam, tidak punya banyak teman, cenderung memendam masalah. Kalau kluster B orang yang cenderung suka menjadi pusat perhatian dan dia punya banyak teman. Kalau kluster C detail, rapi, dan perfeksionis," jelas dokter Aimee saat siaran langsung Instagram bersama @nyonyanirsingwear, Kamis (11/3/2021).

Orang-orang dengan kepribadian kluster B itulah yang rentan jadi pelaku selingkuh. "Baik menjadi yang ngajak selingkuh, maupun pelakornya," lanjut Aimee.

Selain itu, orang dengan gangguan psikologis seperti kecenderungan borderline, psikopat atau anti sosial, kepribadian histrionik, dan narsistik juga berisiko melakukan selingkuh.

Seseorang dengan kepribadian histrionik akan cenderung memperhatikan penampilan sehingga akan senang menjadi pusat perhatian. Sementara kepribadian psikopat atau antisosial, kecenderungan melanggar aturan.

"Jadi kalau pacar suka pakai narkoba, minum alkohol, itu harus hati-hati. Lebih rentan untuk selingkuh karena dia ada kecenderungan untuk melanggar aturan," jelasnya.

Ia melanjutkan, orang disebut memiliki kepribadian borderline jika emosinya tidak stabil, bahkan cenderung selalu merasa dirinya kosong. Karena itu dirinya merasa harus selalu diperhatikan. Kecenderungan borderline rentan selingkuh karena selalu merasa tidak puas dengan perhatian yang dimilikinya.

"Terakhir itu narsistik, senang dipuji. Jadi kalau kita ngasih masukan, ngasih kritikan, dia bisa marah hebat, jatuh berkeping-keping, enggak mau dihina. Itu bisa jadi ciri kepribadian narsistik," papar dokter Aimee.

Jadi, kalau ada orang di sekitarmu, atau pasanganmu, yang pernah selingkuh, coba perhatikan, apakah ia memiliki salah satu dari kepribadian di atas?

 

Sumber : suara

No comments

Powered by Blogger.