Pasien HIV Sembuh di Inggris, Kisah Sukses Kedua di Dunia




     Seorang pria di Inggris bernama Adam Castillejo dinyatakan sembuh dari HIV. Ia adalah orang kedua di dunia yang sembuh.




Pria berusia 40 tahun ini sembuh bukan karena obat-obatan HIV, melainkan oleh stem-cell treatment yang ia terima untuk kanker yang ia idap.

Ia mendapat donor dari seseorang yang memberikan perlindungan gen terhadap HIV. Pada 2011, pria asal Jerman juga sembuh berkat cara yang sama.

Menurut laporan BBC, Senin (15/3/2021), Castillejo masih bebas dari HIV walau sudah tidak mengkonsumsi obat anti-retroviral selama lebih dari 30 bulan.

Sebelumnya, Castilejo hanya dikenal sebagai "Pasien London." Kini, ia menguak identitasnya ke publik, dan ia tak memiliki HIV aktif di darah, semen, dan jaringan tubuhnya.

Profesor Ravindra Kumar Gupta dari Universitas Cambridge yang terlibat dalam penelitian ini berkata ada kepastian dalam penyembuhan Adam Castilejo.

"Ini mewakili kesembuhan HIV dengan mendekati kepastian," ujarnya.

"Temuan-temuan kita menunjukan bahwa kesuksesan transplansi stem-cell sebagai penyembuh untuk HIV bisa direplikasi, ini pertama kalinya dilaporkan sembilan tahun lalu pada Pasien Berlin," jelasnya.

Pasien Berlin yang dimaksud adalah Timothy Brown yang dinyatakan sembuh pada 2011. Ia tutup usia pada 2020.

Sayangnya, pasien ini belum bisa digunakan untuk jutaan pasien dengan HIV. Pasalnya, pengobatan ini hanya digunakan untuk pasien kanker.

Meski demikian, obat HIV saat ini masih sangat ekfektif, sehingga pengidap HIV bisa hidup panjang umur dan sehat.

"Ini bukanlah cara pengobatan yang akan ditawarkan secara luas kepada pasien dengan HIV yang sudah mendapatkan pegobatan anti-retroviral yang sukses," kata Prof. Gupta.

Sumber :Liputan6

No comments

Powered by Blogger.