Pemkot Malang Siapkan Rp 11 Miliar, Sulap TPA Jadi Destinasi Wisata Kreatif Baru



Pemkot Malang terus melakukan upaya pengembangan ekonomi kreatif. Salah satunya, melalui Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Malang. Mereka akan mengubah eks TPA Lowokdoro menjadi destinasi wisata kreatif di lahan seluas 11 meter.

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Malang, Ida Ayu Made Wahyuni mengungkapkan, rencana tersebut sudah muncul sejak tahun lalu. Rencananya, Detail Engineering Desain (DED) akan diselesaikan tahun ini.

“Tahun lalu sudah dibuat kajiannya, tahun ini membuat DED, tahun depan baru akan dianggarkan untuk pembangunan fisiknya,” terang dia mengungkap program Pemkot Malang.

Perempuan yang akrab disapa Dayu ini menjelaskan, anggaran yang diperlukan untuk pembangunan destinasi wisata itu sebanyak Rp 11 miliar. Namun, untuk tahun depan, akan dianggarkan sebanyak Rp 2,5 miliar.

“Karena akan kami lakukan secara bertahap,” ujar dia.

Jika sebelumnya, eks TPA yang berlokasi di kecamatan Sukun itu akan dijadikan tempat Gantangan Burung. Namun, ia menjelaskan, di tempat tersebut juga akan dilengkapi dengan kios-kios yang bisa dimanfaatkan bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk menjual souvenir serta jajanan tradisional Malang.

“Selain untuk meningkatkan perekonomian kota Malang, dengan adanya destinasi itu juga bisa menyumbang luasan Ruang Terbuka Hijau (RTH) sebanyak 1,1 persen,” tandas dia.

Selain itu, pihaknya juga akan menggencarkan potensi pariwisata di lima kecamatan di Kota Malang untuk menggaet banyak wisatawan.

“Kami akan menggelar berbagai event pariwisata di sejumlah kecamatan. Nanti yang bertanggungjawab atas kegiatannya, yakni masing-masing pokdarwis (kelompok sadar wisata),” papar dia.

Seperti diberitakan sebelumnya,Disporapar Kota Malang akan menggelar event-event wisata.

“Pada bulan April 2021 mendatang, event-event yang diadakan oleh kampung tematik di Kota Malang itu yang kami tonjolkan. Sepanjang bulan April hingga Desember 2021, kami sudah rencanakan ada 40 event,” tandas dia.


Sumber :NusaDaily.com

No comments

Powered by Blogger.