Peristiwa 20 Maret: Berdirinya VOC dan Lahirnya Pujangga Sapardi Djoko Damono

Ilustrasi galangan kapal dagang milik VOC (Foto: Stadsarchief Amsterdam/Wikipedia.org)

Beberapa peristiwa dan catatan sejarah penting terjadi baik dalam maupun luar negeri yang terjadi pada tanggal 20 Maret tiap tahunnya. Beberapa di antaranya adalah didirikannya VOC.

Untuk mengingat ataupun menambah wawasan sejarah, Okezone telah merangkum sejumlah peristiwa dan kejadian penting di tanggal 20 Maret dari Wikipedia, antara lain:

1. Didirikannya VOC

Kongsi Dagang atau Perusahaan Hindia Timur Belanda, secara resmi bernama Persatuan Perusahaan Hindia Timur, Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC) didirikan pada 20 Maret 1602.

VOC adalah persekutuan dagang asal Belanda yang memiliki monopoli untuk aktivitas perdagangan di Asia. Disebut Hindia Timur karena ada pula Geoctroyeerde Westindische Compagnie yang merupakan persekutuan dagang untuk kawasan Hindia Barat.

Perusahaan ini dianggap sebagai perusahaan multinasional pertama di dunia sekaligus merupakan perusahaan pertama yang mengeluarkan sistem pembagian saham.

2. Tunisia peroleh kemerdekaan dari Prancis

Pada 20 Maret 1956, Negara Tunisia memperoleh kemerdekaan dari Prancis. Tunisia adalah negara paling utara di Afrika, dengan luas 165.000 kilometer persegi (64.000 mil persegi).

Ras ben Sakka, adalah titik paling utara benua Afrika terletak di negara ini. Wilayahnya berbatasan dengan Aljazair di sebelah barat, Libya di tenggara, dan Laut Mediterania di utara dan timur. Populasi Tunisia diperkirakan hanya di bawah 10,8 juta pada tahun 2013.

Nama Tunisia berasal dari ibu kotanya, Tunis, yang terletak di pantai timur laut Tunisia. Secara geografis, Tunisia terletak di ujung timur Pegunungan Atlas dan bagian utara dari gurun Sahara. Dengan garis pantai sepanjang 1300&bsp;km yang menghadap Laut Mediterania. 40 % tanahnya merupakan bagian dari gurun Sahara dan sisanya merupakan tanah subur.

Tunisia adalah satu-satunya negara demokrasi di Dunia Arab. Ia memiliki indeks pembangunan manusia yang tinggi. Ia memiliki perjanjian asosiasi dengan Uni Eropa dan merupakan anggota dari La Francophonie, Uni untuk Mediterania, Uni Arab Maghrib, Liga Arab, OKI, Arab Free Trade, Komunitas Sahel-Sahara Serikat, Uni Afrika, Gerakan Non-Blok, dan Kelompok G-77.

3. Kelahiran Pujangga Sapardi Djoko Damono

Prof. Dr. Sapardi Djoko Damono lahir di Surakarta, 20 Maret 1940 dan meninggal di Tangerang Selatan, 19 Juli 2020 pada umur 80 tahun.

Ia adalah seorang pujangga berkebangsaan Indonesia terkemuka. Ia kerap dipanggil dengan singkatan namanya, SDD.

Sapardi dikenal melalui berbagai puisinya mengenai hal-hal sederhana namun penuh makna kehidupan, sehingga beberapa di antaranya sangat populer, baik di kalangan sastrawan maupun khalayak umum.

4. Kelahiran Pesepakbola Fernando Torres

Fernando José Torres Sanz (lahir di Fuenlabrada, Comunidad de Madrid, Spanyol, 20 Maret 1984; umur 36 tahun.

Torres adalah mantan pemain sepak bola Spanyol yang pernah bermain sebagai penyerang untuk Atletico Madrid dan tim nasional Spanyol. Ia dijuluki El Niño atau Bocah laki-laki dalam bahasa Spanyol.






Sumber : okezone.com

No comments

Powered by Blogger.