Pulau Tidung, Satu Destinasi Wisata Elok di Pulau Seribu

Destinasi wisata Pulau Seribu, tak jauh dari ibu kota, terdapat di Kabupaten Kepulauan Seribu, Provinsi Jakarta. Pulau Tidung salah satunya. Pulau ini mempunyai destinasi pantai yang terbagi menjadi dua wilayah yaitu, Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil.

Tidung Besar merupakan bagian dari Pulau Tidung yang dihuni oleh masyarakat dan aktivitas penduduknya pun cukup tinggi. Sementara Tidung Kecil tidak memiliki penghuni sama sekali dan dikhususkan untuk budidaya dan pelestarian mangrove saja.

Selain budidaya mangrove tempat ini juga menawarkan tempat wisata yaitu Jembatan Cinta. Jembatan ini merupakan penghubung antara Tidung Besar dan Tidung Kecil. Tidak hanya itu, tempat ini juga menjadi ikon dari pulau ini, sebab jembatan ini memiliki spot yang tepat untuk melihat matahari tenggelam dan menjadikannya tempat berfoto yang bagus.

Selain Jembatan Cinta ada juga Pantai Saung perawan. Pantai ini memiliki pasir putih dan pepohonan yang rindang sehingga membuat suasananya terlihat sejuk. Pantai ini juga bisa untuk bersantai dan piknik karena kenyamanan suasanya.

Dengan keindahan alamya membuat pulau ini memiliki daya tarik dan banyak event yang diselenggarakan disini. 2019 lalu event musik diselenggarakan di pulau ini. Event tersebut ialah Oceanicic Folk Festival, yang diselenggarakan untuk mempertemukan kebudayaan bahari dari berbagai belahan benua seperti, Afrika, Amerika Latin, dan Asia Pasifik dengan kebudayaan Indonesia.

Selain wisata alamnya di pulau ini terdapat juga wisata religinya. Ketika mengunjungi Pulau Tidung, wisatawan akan menjumpai makam Raja Tidung XIII yang merupakan pejuang kemerdekaan ketika melawan kolonialoisme Belanda.

Berapa biaya berwisata ke Pulau Tidung di jajaran Pulau Seribu? Untuk harga tiket bervariasi tergantung fasilitas yang diperoleh, mulai dari Rp 450.000 hingga Rp 800.000. Adapun fasilitas yang ditawarkan seperti makan, tiket kapal (pulang-pergi), alat snorkeling, banana boat atau sofa boatfree tiket masuk Ancol, foto bawah laut, penginapan untuk bilas, welcome drink, dan service local guide.


Sumber :Tempo.co

No comments

Powered by Blogger.