Punya Drone? 5 Peluang Bisnis Ini Bisa Jadi Cuan


Drone ternyata bisa dimiliki untuk mencoba peluang bisnis yang cukup banyak. Namun, sebelum memilikinya perlu memperhatikan aturan dan regulasi yang berlaku.

Drone, juga dikenal sebagai kendaraan udara tak berawak (UAV), dengan cepat menjadi alat yang sangat diperlukan di berbagai industri. Seperti kebanyakan perangkat teknologi lainnya, persaingan di pasar terus menurunkan harga drone dan memajukan teknologi dengan cepat.

Dilansir dari The Balance Small Business, Jakarta, drone bisa dipertimbangkan sebagai peluang bisnis baru berbasis rumahan yang menawarkan layanan berdasarkan kontrak. Bisnis tersebut juga bisa dilakukan sebagai usaha sampingan hingga bisnis rumahan yang sangat ideal.

Berikut beberapa peluang bisnis yang bisa dicoba dari kepemilikan drone yang telah memenuhi regulasi dan aturan tertentu.

1. Fotografi

Sebelum pengembangan drone, pengambilan foto atau video dari udara membutuhkan sewa sangat mahal untuk helikopter. Dengan munculnya drone berbiaya rendah yang dilengkapi dengan kamera resolusi tinggi, pengambilan gambar udara sekarang dengan mudah terjangkau oleh fotografer.

Gambar dan video yang diambil dari udara menawarkan perspektif yang tidak dapat ditandingi dari darat, dan drone dapat beroperasi dengan aman di ketinggian yang jauh lebih rendah dan di ruang yang lebih terbatas daripada pesawat.i

Fotografer dan pembuat film sekarang secara rutin menggunakan drone untuk mengambil gambar dan video berkualitas tinggi dari udara, seperti bentang alam, acara olahraga, perumahan, pernikahan dan acara khusus lainnya, margasatwa, serta subjek film dan tv.

2. Pengawasan Keamanan

Keamanan rumah dan komersial adalah area lain yang penuh dengan peluang untuk bisnis drone. Drone dapat menangkap rekaman video langsung dari intrusi rumah dan mengirimkannya ke smartphone, serta memberi tahu polisi jika diperlukan.

Drone juga dapat membantu mendeteksi ancaman lain terhadap properti, seperti kebakaran dan kebocoran air. Umpan video langsung dari drone dapat dikirim ke perangkat seluler pemilik rumah atau bisnis, ke fasilitas pemantauan pusat, atau langsung ke responden darurat.

3. Pencarian dan Penyelamatan

Drone menjadi alat yang sangat diperlukan di bidang organisasi pencarian dan penyelamatan. Selain dari biaya penggunaan drone yang sangat berkurang daripada helikopter untuk pencarian udara, drone dapat terbang di malam hari dan mencapai daerah-daerah di mana helikopter tidak dapat melakukan perjalanan.

Melengkapi drone dengan sensor penglihatan inframerah memungkinkan tim pencarian dan penyelamat untuk mendeteksi individu yang hilang dengan emisi panas serta secara visual dan drone dapat mengirimkan pasokan darurat sesuai kebutuhan.

Menjadi operator drone pencarian dan penyelamatan atau menjual, menyewa, atau melengkapi drone pencarian dan penyelamatan memiliki potensi untuk menjadi sangat menguntungkan sambil melakukan perbuatan baik pada saat yang bersamaan.

4. Inspeksi Bangunan

Pemeriksaan atap dengan tangan dapat menjadi proses yang mahal dan berbahaya, terutama pada struktur bertingkat. Namun, dengan teknologi drone, inspeksi gedung dapat dilakukan dengan aman dan murah, menjadikannya ide bisnis drone yang hebat.

Drone dapat melakukan survei close-up bagian luar bangunan dan mengirimkan video resolusi tinggi dari atap, talang, cerobong asap, dan selubung bangunan, memungkinkan pemilik bangunan untuk mendeteksi titik-titik masalah terlebih dahulu.

Jika memiliki latar belakang dalam konstruksi atau inspeksi bangunan, layanan inspeksi drone bisa menjadi bisnis yang ideal atau tambahan untuk layanan inspeksi yang ada.

5. Pemetaan dan Survei

Surveyor darat semakin beralih ke drone untuk mendapatkan data survei digital yang sangat akurat dari udara dalam waktu singkat yang dibutuhkan oleh tim survei di lapangan.

Dengan menggunakan data referensi stasiun pangkalan dan GPS, drone yang dilengkapi peralatan khusus dapat mengumpulkan informasi kartografi tiga dimensi dengan akurasi dalam 1 hingga 2 sentimeter setelah pemrosesan.

Survei kartografi digunakan di banyak industri, termasuk arkeologi, konstruksi, pemantauan banjir dan polusi, pengelolaan kehutanan, pertambangan dan minyak dan gas, serta perencanaan kota

Jika ingin memulai bisnis di bidang survei tanah atau kartografi, layanan drone bisa menjadi cara yang ideal untuk terjun dalam persaingan.


Sumber :Okezone Tv

No comments

Powered by Blogger.