Scuba Diving di Taman Nasional Ini, Anda Bisa Lihat Bangkai Kapal Batu Bara

https: img.okezone.com content 2021 03 28 408 2385509 scuba-diving-di-taman-nasional-ini-anda-bisa-lihat-bangkai-kapal-batu-bara-uFvzqruKn7.jpg

SCUBA diving di Taman Laut Nasional Fathom Five, kawasan konservasi laut di Ontario, Kanada, wisatawan bisa melihat bangkai kapal bernilai sejarah. Seperti apa selengkapnya?

Taman nasional yang berlokasi Teluk Georgia bagian Danau Huron ini, berupaya melindungi dan menampilkan bangkai kapal dan mercusuar sebagai pemandangan yang menarik. Selain itu juga, tempat ini berupaya untuk melestarikan ekosistem air tawar.

Didirikan pada 20 Juli 1987, Taman Laut Nasional Fathom Five merupakan Taman Laut Nasional pertama di Kanada. Tempat ini juga menjadi satu-satunya taman dengan kawasan laut lindung, yang disebut sebagai Kawasan Konservasi Laut Nasional.

Destinasi ini merupakan pintu gerbang menuju bangkai kapal bersejarah dan mencakup area air permukaan seluas 130 kilometer persegi, yang mengelilingi 20 pulau di sektor utara dan timur Semenanjung Bruce.

Kapal ini tenggelam pada 1885, dan masih memiliki daya tarik bagi penyelam dan wisatawan di Taman Lautan Nasional Fathom Five. Sweepstakes adalah kapal laut Kanada yang dibangun pada tahun 1867 di Burlington, Ontario. 


Perjalanan kapal Sweepstakes terakhir terjadi pada musim panas 1885 ketika sedang mengangkut batubara dekat Cove Island dan bagian sisi kapal tersebut rusak. Lalu, kapal itu ditarik menuju Big Tub Harbour untuk diperbaiki. Namun kerusakannya terlalu parah, sehingga jika diperbaiki tidak lagi bernilai ekonomis.

Oleh karena itu, sebuah keputusan dibuat untuk menenggelamkannya menuju dasar laut sebelum bagian kapal tersebut diambil oleh pihak pihak yang tidak bertanggung jawab. Meskipun terus membusuk tiap tahunnya, namun kapal ini dianggap sebagai salah satu kapal terbaik yang awet dari abad ke-19 di danau tersebut.

 Taman

“Ini sebenarnya adalah Taman Laut Nasional Fathom Five, di Tobermory Ontario. Banyaknya bangkai kapal menjadikan taman ini tujuan scuba diving yang popular,” tulis pemilik akun Instagram @atoka_vanlife yang dikutip, Senin (29/3/2021).

Banyaknya bangkai kapal menjadikan taman ini menjadi tempat scuba diving yang populer, ditambah dengan tur perahu beralas kaca yang memungkinkan wisatawan untuk melihat bangkai kapal tanpa harus basah kuyup. Destinasi ini memiliki banyak pulau, terutama Pulau Pot Bunga, yang memiliki fasilitas berkemah.

Pada 2006, pusat pengunjung ini baru dibuka untuk melayani Taman Laut Nasional Fathom Five dan Taman Nasional Semenanjung Bruce. Pusat ini dirancang oleh Andrew Frontini dari Shore Tilbe Irwin.

Taman ini adalah rumah bagi beberapa bangkai kapal, banyak di antaranya digunakan untuk scuba diving dan beberapa yang dangkal digunakan untuk snorkeling. Taman ini juga memiliki tiga lokasi penyelaman non-kapal karam, yaitu Dunks Point, Big Tub Lighthouse Point, dan The Anchor.



Sumber : okezone

No comments

Powered by Blogger.