Singapura Belum Beri Izin Penggunaan Vaksin COVID-19 Buatan Sinovac


 

     Vaksin COVID-19 buatan Sinovac masih menganggur di Singapura. Pemerintah tidak kunjung memberikan izin vaksinasi karena datanya belum lengkap. 

Singapura sudah kedatangan vaksin Sinovac pada Februari 2021. The Washington Post menyebut kedatangan Sinovac tidak mendapat sambutan meriah.

Sinovac juga belum menyerahkan data sesuai aturan di Singapura, sehingga pemerintah tidak mau berkompromi. Singapura kini menyuntik dengan Pfizer dan Moderna.

Direktur layanan kesehatan Kementerian Kesehatan Singapura, Prof. Kenneth Mak, menyebut dua vaksin itu sudah dapat persetujuan dari Health Sciences Authority (HSA) bahkan sebelum tiba.

"Kebetulan bagi vaksin Pfizer dan Moderna, datanya diserahkan dengan tepat waktu, dan itu membuat HSA dapat memberikan persetujuan ... sebelum vaksin-vaksinnya tiba di pantai kita," ujar Prof. Kenneth Mak, seperti dilaporkan yahoo! finance, Kamis (25/3/2021).

Hingga kini, Sinovac masih belum menyerahkan data evaluasi kepada Singapura. Sementara, WHO juga belum meloloskan Sinovac.

Berdasarkan informasi terbaru dari WHO pada 23 Maret 2021, Sinovac akhirnya sudah melengkapi dokumen yang diperlukan. Kemungkinan vaksin ini mendapat izin pada April mendatang.

Sumber :Liputan6

No comments

Powered by Blogger.