Taiwan akan mengurangi hukuman karena menanam ganja untuk penggunaan pribadi

Hukuman minimum untuk menanam gulma untuk keperluan pribadi dapat diturunkan menjadi 1 tahun

18 tanaman ganja ditemukan tumbuh di apartemen pada tahun 2020. (foto CNA)

TAIPEI - Kabinet mengusulkan penurunan hukuman penjara karena menanam ganja untuk penggunaan pribadi.

Kabinet akan membahas pada Kamis (11 Maret) untuk mengubah Undang-Undang Pencegahan Bahaya Narkotika (毒品 危害 防制 條例) untuk mengurangi hukuman dan denda bagi mereka yang tertangkap menanam ganja untuk mereka gunakan sendiri. Menteri Tanpa Portofolio Lo Ping-cheng (羅秉成) telah menyusun draf amandemen dan akan menyampaikannya kepada Kabinet hari itu.

Pada 2017, warga Tainan Huang Hsien-chang (黃獻璋), dihukum karena menanam enam pot tanaman mariyuana di rumahnya. Dia dijatuhi hukuman lima tahun, tetapi dia menentang keputusan itu dengan alasan hukuman itu terlalu keras karena dia hanya menanamnya untuk konsumsi pribadi.

Dewan Hakim Agung tahun lalu pada tanggal 20 Maret mengeluarkan Interpretasi Konstitusional No. 790 di mana mereka menyatakan bahwa Pasal 12, Butir 2 dari Undang-Undang Pencegahan Bahaya Narkotika tidak konstitusional, lapor Liberty Times. Undang-undang tersebut menyatakan bahwa seseorang yang menanam, mengangkut, atau menjual ganja akan dijatuhi hukuman minimal lima tahun dan denda hingga NT $ 5 juta (US $ 177.000).

Para hakim memutuskan bahwa undang-undang tersebut melanggar Pasal 7 Konstitusi, yang mengatakan bahwa semua warga negara Taiwan "setara di hadapan hukum", dan Pasal 8, yang menetapkan bahwa "kebebasan pribadi harus dijamin." Mereka juga memutuskan bahwa hukuman itu berlebihan untuk kejahatan tersebut.


Mereka kemudian memberikan waktu satu tahun kepada "instansi terkait" untuk mengamandemen undang-undang guna mengatasi konflik konstitusional. Jika amandemen tidak dilakukan dalam jangka waktu itu, hakim mengatakan mereka akan memotong hukuman wajib menjadi dua.

Juru Bicara Kabinet Lo Ping-cheng (羅秉成) dikutip oleh CNA Rabu mengatakan bahwa amandemen baru diharapkan menurunkan hukuman minimum untuk menanam ganja untuk penggunaan pribadi menjadi satu tahun, hukuman maksimum tujuh tahun, dan denda maksimum untuk NT $ 1 juta. Lo menekankan bahwa menanam ganja masih ilegal, tetapi hukuman dalam kasus-kasus kecil akan diturunkan agar lebih sesuai dengan keadaan.

Setelah Kabinet menyetujui draf tersebut, draf tersebut akan diserahkan ke Legislatif Yuan, yang akan memulai proses amandemen.

Sumber : Taiwan news

No comments

Powered by Blogger.