Taiwan, AS bergabung untuk melawan Hukum Penjaga Pantai China

Ketegangan telah membuat kerja sama kuasi-militer antara Taiwan dan AS kemungkinan besar akan terjadi

Kapal Penjaga Pantai Tiongkok (foto AP)

TAIPEI - Kementerian Luar Negeri Taiwan (MOFA) mengumumkan Kamis (25 Maret) bahwa mereka akan menandatangani nota kerja sama dengan Amerika Serikat tentang kerja sama penjaga pantai pada hari Jumat, Liberty Times melaporkan.

Menteri Luar Negeri Joseph Wu (吳 釗 燮), Menteri Dewan Urusan Kelautan Lee Chung-wei (李仲威), dan Direktur Institut Amerika di Taiwan Brent Christensen semuanya hadir pada pengumuman tersebut.

Pada bulan Januari, badan legislatif tertinggi Tiongkok, komite tetap Kongres Rakyat Nasional, mengesahkan Undang-undang Penjaga Pantai, yang mulai berlaku pada 1 Februari. Undang-undang tersebut mendorong penjaga pantai Tiongkok untuk “mengambil semua tindakan yang diperlukan termasuk penggunaan senjata untuk menghentikan pelanggaran dan menghilangkan bahaya "ketika hak kedaulatan atau yurisdiksi negara berada dalam" bahaya pelanggaran ilegal. "

Pengesahan undang-undang tersebut, serta pergerakan yang sering dilakukan China baru-baru ini di sekitar perairan yang disengketakan di dekat Kepulauan Diaoyutai, telah meningkatkan ketegangan di Laut China Timur dan Laut China Selatan.

Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin dan Menteri Luar Negeri Antony Blinken bertemu dengan rekan-rekan mereka di Tokyo minggu lalu. Pada pertemuan itu mereka sepakat untuk bekerja sama secara erat jika terjadi bentrokan militer antara China dan Taiwan, menurut Kyodo News.



Dalam pernyataan bersama dengan Jepang, Austin dan Blinken mengatakan, "Perilaku China, yang tidak sejalan dengan tatanan internasional yang ada, menghadirkan tantangan politik, ekonomi, militer dan teknologi bagi aliansi dan komunitas internasional."

Menteri Pertahanan Jepang Nobuo Kishi juga telah memperkuat posisinya di China, mengatakan ada kemungkinan Jepang akan mengadakan latihan militer bersama dengan AS di sekitar Kepulauan Diaoyutai. Dia mengatakan Jepang akan tegas dalam menggunakan semua langkah untuk melindungi wilayah Jepang.

Ketegangan di laut telah mendorong kerangka kerja sama semi-militer antara Taiwan dan AS semakin dekat menjadi kenyataan. Media melaporkan Taiwan dan AS akan menandatangani nota kerja sama penjaga pantai Jumat (26 Maret).

Sumber : Taiwan news

No comments

Powered by Blogger.