Tips Membeli iPhone Bekas Biar Nggak Salah Pilih Handphone



Bicara soal iPhone, memang, handphone yang satu ini selalu diburu oleh seluruh dunia setiap merilis varian baru. Meski harus bersaing dengan merk Samsung dan produk Android lainnya, namun bisa dibilang iPhone telah memiliki pangsa pasarnya sendiri yang tentunya tersebar di seluruh dunia. Desain yang khas, brand image yang kuat dan eksklusivitas yang disediakan oleh iPhone, membuat banyak orang menjatuhkan pilihannya ke handphone ini.

Tak heran jika handphone ini dibanderol dengan harga yang tinggi. Untuk tipe yang baru saja, yaitu iPhone 12 seri terendah dibanderol dengan harga Rp13 juta. Banyak sekali orang lebih memilih iPhone bekas seri lebih tua dibandingkan membeli iPhone yang baru.

Sebagai contoh, iPhone yang masih lumayan muda dan ready stock di website resmi Ibox Indonesia adalah IPhone X 64GB dengan harga Rp11 juta. Sementara itu, harga pasaran bekasnya ada di kisaran Rp6 juta hingga Rp8 jutaan untuk kondisi yang masih mulus dan normal, kan bedanya lumayan. Apalagi iPhone bekas yang berkualitas sudah banyak tersedia di e-commerce yang bisa Anda beli dengan cara kredit HP tanpa uang muka. Anda bisa mendapatkan iPhone berkualitas tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam.

Membeli iPhone bekas tentu mengandung risiko barangnya tidak dalam kondisi prima. Tapi risiko ini dapat diminimalkan asal tahu bagaimana memeriksa kondisinya. Apa saja yang harus diperiksa? Mari simak ulasan berikut.

Cek Fisik iPhone

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengecek seluruh fisik handphone yang Anda akan beli. Cara ini cukup sederhana, Anda cukup melihat apakah bodi dan layarnya mulus atau tidak. Jika ada beberapa baret, itu hal yang biasa, karena Anda membeli handphone bekas pemakaian orang lain.

Selain itu, cobalah cek tombol-tombol masih berfungsi dengan baik. Coba operasikan tombol power, home button (iPhone 8 ke bawah), tombol volume atas bawah, dan switch silent. Kalau masih berfungsi coba rasakan sensasi mencetnya, apakah masih lancar atau ada yang kurang seret atau bahkan tidak berfungsi.

Cek Fitur

Jika dirasa fisik iPhone incaran sudah oke, sekarang ke bagian fitur dasar pada handphone tersebut, seperti kamera depan, belakang, lampu flash, speaker, dan charger. Untuk kamera, coba untuk foto dan merekam video, serta menggunakan flash pada kamera. Untuk speaker, coba untuk mendengarkan lagu dan menelepon seseorang.

Selain fisik handphone, Anda juga harus mengecek fitur yang ada di dalam handphone tersebut, seperti wifi, bluetooth, getaran atau haptik, face ID, sidik jari, battery health dan sinyal pada handphone tersebut. Jangan sampai Anda melewatkan salah satu fitur yang ada di atas, karena satu fitur bisa memengaruhi fitur-fitur yang lain.

Contoh, jika bluetooth pada iPhone tersebut bermasalah, sudah dipastikan Anda tidak bisa menggunakan airpods atau mengirim file melalui airdrops pada handphone tersebut.

Cek Informasi Handphone

Setelah itu, cek informasi handphone dengan cara masuk ke bagian Pengaturan, lalu Umum (Setting > General kalau dalam bahasa Inggris). Di sana kita bisa melihat informasi lengkap tentang IPhone tersebut mulai dari model, versi iOS terinstal, kapasitas memori, IMEI, nomor seri, nomor model, dan lain sebagainya. Coba cocokkan apakah IMEI dan nomor seri yang ada di pengaturan itu sama dengan yang tertera di kardus IPhone-nya.

Cek Apple ID

Nah, ini adalah hal yang paling penting yang harus Anda cek sebelum membeli iPhone, yaitu mengecek Apple ID. Anda harus memastikan kalau Apple ID pengguna sebelumnya sudah di logout, sehingga Anda bisa memasukkan Apple ID Anda sendiri. Jangan sampai Anda menggunakan handphone tersebut, namun Apple ID pengguna sebelumnya masih terikat pada handphone Anda. Jika masih terikat, bisa-bisa orang lain bisa mengendalikan handphone tersebut.

Setelah itu, Anda disarankan untuk factory reset handphone tersebut untuk memastikan seluruh konten, password dan lain-lain sudah terhapus, sehingga Anda seperti membeli handphone baru.

Dapatkan iPhone Bekas Berkualitas dengan Kredit Tanpa Uang Muka

Nah, Anda sudah tahukan bagaimana cara membeli iPhone bekas biar nggak salah pilih, sekarang saatnya Anda tahu bagaimana cara membeli iPhone bekas tanpa membongkar tabungan agar cash flow aman serta tanpa harus membayar uang muka. Jawabannya adalah kredit HP tanpa uang muka bersama Kredivo di berbagai macam merchant online Kredivo yang juga menyediakan iPhone bekas, seperti Tokopedia, Bukalapak, Lazada dan 350+ lebih merchant online lainnya.

Selain itu, kredit HP online tanpa uang muka dari Kredivo juga berbunga rendah, hanya 2,6% per bulan, sangat bersaing dengan bunga yang diberikan oleh kartu kredit. Ditambah lagi pembayarannya juga fleksibel, dengan tenor mulai dari 3 bulan, 6 bulan hingga 12 bulan, Anda bebas mengaturnya sesuai dengan kemampuan pembayaran.


Sumber : okezone.com

No comments

Powered by Blogger.