Tips Menyikat Gigi untuk Hindari Kerusakan Gigi Akibat Kopi


Ilustrasi. Menyikat gigi dapat menghindari Anda dari kerusakan gigi akibat minum kopi. (epicantus/Pixabay)

 

Bagi sebagian orang, ritual minum kopi di pagi hari begitu berharga. Namun, tak banyak orang yang menyadari bahwa meminum kopi di pagi hari bisa berbahaya untuk kesehatan gigi.

Kopi diketahui dapat menodai gigi. Keasaman kopi bisa langsung mengikis lapisan enamel gigi.

Ahli kesehatan gigi dan mulut, Christina Meiners menyarankan untuk menyikat gigi sebelum meminum kopi. Menyikat gigi dapat menghilangkan penumpukan plak semalam dan membuat noda dari kopi jadi lebih sulit menempel.

"Jika Anda menjaganya [gigi] tetap bagus dan bersih, maka kopi yang menempel pada gigi akan berkurang," ujar Meiners, mengutip Huffington Post.

Sementara itu, banyak orang tampaknya berasumsi bahwa menyikat gigi tepat setelah minum kopi adalah langkah yang tepat untuk menjaga gigi tetap bersih. Namun, langkah itu justru akan memperburuk keadaan.

Hal ini disebabkan oleh sifat asam yang dimiliki kopi. Sifat asam membuat menyikat gigi segera setelah minum kopi akan melemahkan enamel yang melindungi gigi dari kerusakan.

Alih-alih demikian, Anda disarankan untuk menyikat gigi di pagi hari untuk kemudian menjalani ritual ngopi lalu berkumur dengan air untuk membantu menetralkan tingkat keasaman di mulut.

Mengutip Healthline, tanin--senyawa warna pada kopi--dapat menempel pada gigi dan meninggalkan rona kuning yang tidak diinginkan.

Kopi juga dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri di mulut. Bakteri ini dapat menyebabkan erosi gigi yang membuat gigi jadi tipis dan rapuh. Selain itu, kopi juga dapat menyebabkan bau mulut.

Menyikat gigi memang menjadi cara yang tepat untuk mencegah berbagai dampak buruk itu. Namun, jika Anda ingin menyikat gigi, maka lakukan setelah 30 menit dari minum kopi.

Waktu 30 menit diperlukan untuk membiarkan air liur menetralkan keasaman di mulut dengan sendirinya. Dengan demikian, keasaman pada mulut akan kembali pada kadar normal saat Anda menyikat gigi, yang pada akhirnya akan menghindari Anda dari pengikisan lapisan enamel gigi.

Cara lainnya adalah dengan mengunyah permen karet bebas gula. Mengunyah permen karet akan merangsang air liur.

Sumber : cnnindonesia.com

No comments

Powered by Blogger.