Warganya Diekstradisi ke AS, Korea Utara Akan Putuskan Hubungan Diplomatik dengan Malaysia


 

    Korea Utara mengatakan akan memutuskan hubungan diplomatik dengan Malaysia setelah pengadilan di negara tersebut memutuskan seorang pria Korea Utara dapat diekstradisi ke Amerika Serikat untuk menghadapi tuduhan pencucian uang.




Langkah tersebut disampaikan media pemerintah Korea Utara, Korean Central News Agency (KCNA) pada Jumat (19/3/2021). Kementerian Luar Negeri Korea Utara juga memperingatkan Amerika Serikat akan "menerima akibat" dari ekstradisi itu.

Namun, Kementerian Luar Negeri Malaysia belum menanggapi komentar dari keputusan Korea Utara tersebut.

Pernyataan Korea Utara tidak menyebutkan nama warganya, tetapi pada awal Maret 2021, pengadilan tinggi Malaysia memutuskan seorang pria bernama Mun Chol Myong, dapat diekstradisi.

Mun Chol Myong ditangkap pada 2019 setelah AS menuduhnya melakukan pencucian uang melalui sebuah perusahaan dan mengeluarkan dokumen palsu untuk mendukung pengiriman ilegal ke Korea Utara.

Ia kemudian menolak ekstradisi, dengan alasan bahwa keputusan itu bermotif politik.

Kementerian Luar Negeri Korea Utara menyebut ekstradisi sebagai "tindakan keji dan kejahatan berat yang tidak dapat diampuni" oleh otoritas Malaysia, yang telah "menawarkan warga negaranya sebagai korban tindakan permusuhan AS yang bertentangan dengan hukum internasional yang diakui."

"Tindakan Malaysia telah menghancurkan seluruh fondasi hubungan bilateral yang didasarkan pada penghormatan terhadap kedaulatan," kata kemeterian itu, seperti dikutip dari Nikkei Asia. 

Sumber :Liputan6

No comments

Powered by Blogger.