Waspada, Bahaya Terlalu Oversharing di Media Sosial

Ilustrasi Sosmed (foto: Ist)

 Media sosial (Medsos) kini telah menjadi suatu kebutuhan bagi mayoritas penduduk dunia. Terbukti, dari survei yang dilakukan Hootsuite tahun 2021 mencatat pengguna internet di dunia telah mencapai 4,66 miliar jiwa. Dari jumlah tersebut, sebesar 4,22 miliar merupakan pengguna media sosial.

Tentunya, ada nilai positif dan negatifnya ketika berselancar di dunia maya ini, apalagi tak semua persoalan di dunia nyata perlu diceritakan di media sosial. Pasalnya, mengunggah segala konten tanpa memilahnya atau oversharing dapat membawa petaka bagi pengguna itu sendiri.

Bahayanya melakukan oversharing di media sosial salah satunya konten dapat dimanfaatkan oleh orang jahat untuk mengetahui perilaku kita.

Selain itu, kontan yang kita unggah dapat digunakan sebagai alasan melakukan penipuan terhadap orang lain. Untuk itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika dikutip dari akun Instagram resmi, Jumat (5/3/2021) memberikan beberapa tips agar tidak oversharing di media sosial.

Pertama, pisahkan akun pribadi dan profesional untuk membatasi konten yang disebarkan. Kemudian perlu secara bijak memilah kembali informasi seperti apa yang ingin diunggah di media sosial.

Lalu, cari tahu apa saja yang keluar sebagai hasil saat kamu mengetikan nama di mesin pencarian Google. Hapus konten yang dianggap memberikan informasi atau citra negatif pada pencitraan diri kita.



Sumber : okezone.com

No comments

Powered by Blogger.