26 Agensi Hiburan Korea Protes Revisi UU Wajib Militer


Ilustrasi idol K-Pop wamil. (Foto: Korea Now)


SEOUL - Asosiasi Konten Musik Korea (KMCA) mengajukan keberatan tertulis terhadap Militer Pertahanan Nasional terkait revisi Undang-Undang (UU) Wajib militer yang akan berlaku pada 23 Juni 2021. 

Surat keberatan itu dirilis KMCA pada 1 April 2022, mewakili 26 agensi hiburan yang bernaung di dalamnya. "Kami meminta agar UU Wajib Militer berkontribusi pada pengembangan K-pop dan peningkatan gengsi nasional." 

Park Bo Gum wamil. (Foto: News1)

Secara spesifik, asosiasi itu merujuk pada Pasal 12-3 Keputusan Penegakan Undang-Undang Wajib Militer yang dianggap tidak realistis. Dalam pasal itu diatur, seniman budaya populer dapat menunda pendaftaran wamil hingga usia 30 tahun. 

Namun ada syarat yang harus dipenuhi untuk mendapat kelonggaran tersebut. Sang artis harus direkomendasikan oleh Menteri Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata sebagai penerima penghargaan Order of Cultural Merit. 

Sekadar informasi, penghargaan Order of Cultural Merit diberikan kepada orang-orang yang berjasa di bidang budaya dan seni, serta mempromosikan budaya dan pembangunan Korea Selatan di tingkat internasional. 

Ok Taecyeon wamil.

Ketentuan itulah yang kemudian diprotes KMCA. Mengutip Allkpop, Jumat (9/4/2021), asosiasi itu mengatakan, tidak masuk akal membuat kebijakan wajib militer berdasarkan penghargaan Order of Cultural Merit. 

KMCA menilai, hampir tidak mungkin bagi individu yang berusia dua puluhan menerima penghargaan Order of Cultural Merit. Pasalnya, salah satu kriteria untuk penghargaan ini adalah individu tersebut harus telah aktif di bidang budaya dan seni Pop selama lebih dari 15 tahun. 

“Artinya, jika artis K-Pop memulai karier mereka di usia belasan tahun maka mereka baru layak menerima penghargaan itu di usia akhir 20 tahunan. Sehingga, seharusnya tak ada alasan untuk menunda wamil hingga usia 30 tahun. Kalau begitu, revisi UU itu tak ada gunanya,” ungkap KMCA. 

BTS. (Foto: Big Hit Entertainment)

Namun tampaknya, ini pengecualian untuk BTS yang tercatat sebagai artis K-Pop termuda yang menerima penghargaan Order of Cultural Merit. Mereka menerima penghargaan itu hanya dengan masa aktif selama 9 tahun. 

Jin, yang merupakan member tertua BTS lahir pada 1992 dan akan berusia 29 tahun pada tahun ini. Dia memulai debutnya pada 2013, di usia 21 tahun.*


Sumber : okezone.com

No comments

Powered by Blogger.