4 Daerah di Jawa Barat Ini Paling Banyak Dikunjungi Wisatawan

Wilayah Jawa Barat seringkali menjadi daerah tujuan wisata warga ibu kota dan sekitarnya karena memiliki ragam destinasi yang menarik. Mulai dari wisata alam, kuliner hingga budaya. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat pun mengungkap ada empat daerah di wilayahnya yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Sepanjang 2020, dinas mencatat ada 35.609.459 wisatawan yang telah berwisata ke berbagai objek wisata di Jawa Barat. "Provinsi Jawa Barat kaya akan potensi wisata yang tersebar di 27 kota dan kabupaten. Pariwisata juga diharapkan menjadi tumpuan bangkitnya perekonomian di Jabar yang sempat anjlok akibat pandemi Covid-19," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat Dedi Taufik.

Ini dia empat daerah di Jawa Barat yang menjadi tujuan favorit para wisatawan:

Kota Bandung

Ibu kota Jawa Barat ini sudah dikenal sebagai salah satu tujuan wisata favorit. Selain mudah dijangkau aksesnya, Kota Bandung menawarkan tempat wisata kuliner dan belanja yang beragam. Misalnya saja di Jalan Braga dan Jalan Cihampelas.

Tahun lalu, ada 2.431.290 wisatawan yang datang ke Bandung.

Kabupaten Pangandaran

Mendengar Pangandaran, yang sudah terbayang pasti adalah pantai. Ya, salah satu kabupaten di Jawa Barat ini punya wisata pantai yang indah.

Misalnya saja Pantai Karapyak, Pantai Pangandaran dan Pantai Batu Hiu. Selain pantai, Pangandaran punya wisata alam lain, seperti Citumang Bodyrafting, Cukang Taneuh dan Green Canyon.

Sebanyak 3.939.992 wisatawan tercatat datang ke Pangandaran selama 2020.

Kabupaten Bandung Barat

Berada di utara Kota Bandung, Kabupaten Bandung Barat menawarkan banyak tempat wisata menarik yang sejuk dan cocok untuk bersantai. Di sana juga banyak kawasan wisata buatan yang terkenal karena instagrammable.

Misalnya Maribaya Natural Hotspring, The Lodge Maribaya, Dago Dream Park, Farm House, Floating Market dan The Great Asia Afrika. Ada 3.440.529 wisatawan baik domestik atau mancanegara yang berkunjung ke sana.

Kabupaten Garut

Daerah yang terkenal dengan camilan dodol ini menawarkan wisata pantai hingga pegunungan yang eksotis. Mulai dari Wisata Cipanas, Kawah Darajat, Pantai Santolo, Pantai Rancabuaya hingga Situ Bagendit.

Garut juga menawarkan ragam kuliner khas yang patut dicoba dan menarik wisatawan seperti dodol dan sate domba. Sebanyak 1.907.007 wisatawan tercatat ke sana tahun lalu.


Sumber :Tempo.co

No comments

Powered by Blogger.