5 Atlet Muslim yang Ukir Prestasi Mentereng di Dunia

Mohammad Ahsan. (Foto: PBSI)

KIPRAH manis dalam dunia olahraga berhasil diukir oleh sejumlah atlet Muslim di dunia. Tak ayal, nama mereka makin melambung karena berhasil menorehkan prestasi fantastis di cabang olahraga (cabor) masing-masing.

Atlet Muslim yang berhasil melakukan hal tersebut, tak melulu datang dari negara-negara di Eropa atau Amerika. Ada juga sejumlah atlet Tanah Air yang berhasil menorehkan prestasi manis tersebut.

Penasaran siapa saja atlet Muslim yang masuk kategori tersukses pada sejumlah cabang olahraga. Sebagaimana dikutip dari berbagai sumber, Selasa (13/4/2021), berikut lima atlet Muslim yang ukir prestasi mentereng di dunia.

5. Lindswell Kwok

Di urutan kelima atlet Muslim yang ukir prestasi mentereng di dunia, ada Lindswell Kwok. Dia merupakan atlet wushu kebanggaan Indonesia. Soal prestasi, Lindswell sudah berhasil merebut sejumlah gelar juara bergengsi di dunia.

Lindswell Kwok

Salah satu prestasi yang paling diingat dari pewushu berusia 29 tahun ini adalah medali emas di ajang Asian Games 2018. Dia merebut medali emas dalam pesta olahraga bergengsi se-Asia yang digelar di Jakarta dan Palembang kala itu pada nomor pertandingan taijijan dan taijiquan.

Selain gelar juara itu, Lindswell juga merebut lima medali emas di ajang World Wushu Championship, satu medali emas di World Games, empat medali emas di SEA Games, dan masih banyak lagi yang lainnya. Tetapi kini, Lindswell sudah pensiun.

Pengumuman itu disampaikan pada 2018, usai meraih medali emas di Asian Games. Keputusan ini dibarengi dengan langkah Lindswell yang memilih menjadi mualaf.

4. Mohammad Ahsan

Berikutnya juga datang dari Tanah Air, ada Mohammad Ahsan. Atlet yang satu ini merupakan salah satu pebulu tangkis kebanggaan Indonesia. Ahsan telah menorehkan karier yang begitu fantastis hingga mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.

Mohammad Ahsan

Kini, Ahsan diketahui bermain di nomor ganda putra bersama Hendra Setiawan. Meski usia pasangan ganda putra ini sudah tak muda lagi, tetapi Ahsan/Hendra tetap bisa menorehkan prestasi yang luar biasa.

Salah satunya bisa terlihat pada 2019. Kala itu, Ahsan dan pasangan bermainnya, Hendra Setiawan, bisa menyapu bersih tiga gelar juara bergengsi di bulu tangkis, yakni All England, Kejuaraan Dunia, dan juga BWF World Tour Finals. Tak ayal, sosok Ahsan kini dipandang sebagai salah satu atlet Muslim yang sukses ukir karier mentereng di dunia.

3. Kareem Abdul Jabbar

Berikutnya, atlet Muslim yang sukses ukir karier mentereng di dunia datang dari cabor basket. Dia adalah Kareem Abdul Jabbar. Pebasket yang satu ini bahkan sudah menjadi legenda di pentas NBA.

Kareem Abdul Jabbar

Pebasket asal Amerika Serikat ini sendiri diketahui merupakan seorang mualaf. Dia mengucap kalimat syahadat pada 1971. Kareem Abdul-Jabbar memutuskan menjadi mualaf tepat sehari setelah meraih gelar juara NBA bersama Milwaukee Bucks.

Keputusan itu dibarengi dengan perubahan namanya dari Lew Alcindor menjadi Kareem Abdul Jabbar. Dalam kariernya di dunia basket, dia tak hanya menyegel gelar juara NBA, tetapi juga menorehkan pencapaian manis secara individu dengan menjadi pemain yang sukses meraih poin terbanyak sepanjang masa. Dia mencetak 38.387 poin.

2. Muhammad Ali

Selanjutnya, atlet Muslim yang sukses ukir prestasi mentereng ialah Muhammad Ali. Namanya tentu saja sudah tak asing di telinga pencinta olahraga tinju karena memang berhasil mengukir karier yang sangat fantastis.

Muhammad Ali

Sepanjang kariernya, Muhammad Ali mencatatkan 56 kemenangan dari 61 pertarungan tinju. Sebanyak 37 kemenangan di antaranya diraih secara KO.

Ali sama seperti Kareem Abdul Jabar yang merupakan seorang mualaf. Tetapi, dia lebih dahulu memeluk agama Islam, yakni pada 1964. Dia juga mengubah namanya setelah memeluk agama Islam, menjadi Muhammad Ali dari Cassius Marcellus Clay.

1. Khabib Nurmagomedov

Terakhir, ada nama Khabib Nurmagomedov. Atlet Muslim yang satu ini namanya begitu tersohor di dunia olahraga MMA. Dia turut bertarung di pentas Ultimate Fighting Championship (UFC).

Khabib Nurmagomedov

Selama kariernya, petarung asal Rusia itu sudah berhasil merebut 29 kemenangan beruntun, tanpa terkalahkan satu kali pun. Tetapi pada 24 Oktober 2020, Khabib secara mengejutkan mengumumkan pensiun. Hingga kini, pihak UFC sendiri terus berjuang membuat Khabib comeback, tetapi tampaknya belum berhasil.







Sumber : okezone.com

No comments

Powered by Blogger.