Ada Masjid Unik Berbahan Kaca Menyerupai Kakbah di Medan

Masjid Ar Raudhah di Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara (iNews)


UMUMNYA masjid dibuat berbahan beton atau kayu, tapi masjid satu ini dibangun dengan material kaca. Bentuknya kubus seperti Kakbah. Ya, namanya Masjid Ar Raudhah, terletak di Jalan Kemuning, Kecamatan Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara.

Masjid yang berada di antara permukiman warga ini dibangun pada 2013. Masjid ini terus hidup dengan aktivitas ibadah keagamaan seperti shalat fardhu maupun sunah serta kajian Islam.

Masjid Ar Raudhah tampak unik karena semua dindingnya terbuat dari kaca. Ada juga beberapa hiasan yang terbuat dari kayu. Desainnya mirip dengan Kakbah yakni berbentuk kubus dan ukurannya juga hampir sama dengan situs kiblat umat Islam yang berada di Masjidil Haram tersebut.

Dengan di kelilingi kaca dan suhu di dalamnya adem, maka jamaah yang beribadah di Masjid Ar Raudhah terasa nyaman.

Seperti diketahui filosofi kaca berarti transparan dan masjid ini terbuka untuk para pelintas yang ingin beribadah khususnya pada bulan suci Ramadan 1442 Hijriah.

Masjid ini sengaja didesain bentuknya menyerupai ukuran Kakbah agar jamaah yang berada di sini merasa dekat dengan Kakbah dan Masjidil Haram.

“Untuk bangunan utamanya sendiri terbuat dari bahan kaca, ada yang mengatakan mirip Kakbah. Namun tidak semuanya kaca, seperti kubah misalnya, bukan dari bahan kaca,” kata Ismail Rangkuti, pengurus Masjid Ar Raudhah, Kamis (29/4/2021).

Arsitektur masjid yang modern dan unik ini diharapkan dapat menularkan sikap spiritual ke masyarakat. Selain itu dapat menambah minat generasi muda untuk memperdalam ilmu agama.


Sumber : okezone.com

No comments

Powered by Blogger.