Berusia Lebih 3 Abad, Gereja Sion Jadi Salah Satu yang Tertua di Asia

Sabtu, April 03, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Gereja Sion di Jalan Pangeran Jayakarta, Taman Sari, Jakbar (Foto: Instagram/@areeholic)


BICARA soal gereja klasik di Jakarta, tak melulu soal Katedral. Jakarta banyak menyimpan bangunan bersejarah jejak peninggalan bangsa penjajah terdahulu, di mana salah satunya gereja.

Salah satu gereja tua yang masih eksis, yakni Gereja Sion atau dikenal juga dengan nama Portygeesche Buintenkerk yang usianya mencapai 326 tahun. Gereja Portugis ini terletak di sudut Jalan Pangeran Jayakarta, Taman Sari, Jakarta Barat.

Namanya Gereja Portugis, bukan berati didirikan oleh orang Portugis, melainkan orang Belanda. Setelah Indonesia Merdeka, Portugreesche Buitenkerk berganti nama menjadi Gereja Portugis.

Melansir laman Wikipedia, gereja ini merupakan gedung tertua di Jakarta yang masih dipakai dengan tujuan saat awal gereja ini didirikan.

Gereja Sion

(Foto: Instagram/@parah1ta)

Sebagai perpindahan kekuasaan, Pemerintahan Belanda memberikan kepercayaan penuh atas aset peninggalannya kepada Gereja Protestan Indonesia (GPI)

Cerita lengkap pemberkatan gereja ini tertulis dalam bahasa Belanda pada sebuah papan peringatan. Bahkan sampai sekarang masih bisa dilihat pada dinding gereja.

Konsep bangunan gereja ini sangat kuno namun unik dan klasik. Pengurus gereja sangat menjaga dan merawatnya karena termasuk dalam cagar budaya.

Di dalam gereja juga masih tersimpan beberapa barang antik yang masih laik digunakan, di antaranya piano yang sudah berusia ratusan tahun.


Sumber : okezone.com

0 comments: