Bikin Sering Kencing, Kenali 4 Cara untuk Mengatasi OAB


Ilustrasi. Overactive bladder atau kandung kemih yang terlalu aktif membuat seseorang sering buang air kecil. (iStockphoto/patchanan promunat)


 

Kandung kemih yang terlalu aktif bisa membuat seseorang sering buang air kecil. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi kandung kemih yang terlalu aktif.

Kandung kemih yang terlalu aktif atau overactive bladder (OAB) adalah masalah pada fungsi penyimpanan kandung kemih yang menimbulkan dorongan untuk buang air kecil yang sulit dihentikan.

Beberapa makanan seperti tomat, anggur, cokelat, dan kopi mengandung zat yang dapat memperburuk OAB. Selain itu, mengonsumsi makanan berkalori tinggi dapat menyebabkan penambahan berat badan, yang juga dapat memperburuk gejala OAB.

Namun, Anda tak perlu khawatir. Anda bisa membuat sedikit perencanaan soal asupan makanan. Berikut mengutip Health Guides CNN.

1. Perhatikan berat badan

Pilih-lah makanan yang dapat membantu menjaga berat badan. Pilih makanan berkalori rendah seperti sayur, buah, biji-bijian, ikan, daging tanpa lemak, serta susu atau produk susu bebas atau rendah lemak.

Jika Anda kelebihan berat badan, maka menurunkan berat badan dapat jadi salah satu cara mengurangi gejala OAB.

2. Pilih makanan yang tepat

Makanan dan minuman tertentu memiliki efek langsung terhadap OAB. Beberapa makanan dan minuman dapat mengiritasi kandung kemih dan menyebabkan kebocoran urine, seperti berikut:

- minuman beralkohol
- minuman berkarbonasi
- minuman berkafein
- minuman berpemanis
- kopi
- tomat dan produk tomat
- buah dan jus jeruk
- makanan dengan banyak bumbu
- sirup jagung
- madu
- cokelat

3. Kelola asupan cairan

Minum terlalu banyak membuat Anda sering buang air kecil. Namun, jika terlalu sedikit asupan cairan, urine bisa jadi sangat pekat dan berbau menyengat. Urine dengan kondisi demikian dapat mengiritasi kandung kemih dan mendorong pertumbuhan bakteri.

Usahakan untuk mendapatkan asupan cairan yang tepat, setidaknya 6-8 gelas per hari. Selain air mineral, Anda juga bisa mencoba beberapa jus yang baik untuk kandung kemih seperti jus ceri dan apel.

4. Fokus pada asupan serat

Sembelit dapat memperburuk gejala OAB. Serat yang ditemukan dalam banyak buah, sayuran, dan biji-bijian dapat menbantu mencegah masalah ini.

Untuk meminimalisasi gas dan kembung, tambahkan serat ke dalam makanan sedikit demi sedikit. Konsultasikan dengan dokter jika sembelit terus berlanjut.


Sumber : cnnindonesia.com

No comments

Powered by Blogger.