Cirebon Punya Destinasi Wisata Unik, Satu-satunya di Indonesia



Kalau sedang jalan-jalan di Cirebon, jangan pernah lupa untuk menyambangi sebuah lokasi wisata yang hanya satu-satunya di Indonesia. Nama tempat itu unik itu adalah Taman Goa Sunyaragi.

Taman Goa Sunyaragi begitu menarik. Kamu disajikan dengan sebuah struktur gua buatan yang tersusun dari batu karang. Jangan kira taman ini  usianya baru belasan atau puluhan tahun. 

Menjadi bagian dari peradaban kesultanan CIrebon, usia Taman Gua Sunyaragi ini sudah 4 abad lebih.  Taman Goa Sunyaragi merupakan peninggalan dari masa Kesultanan Cirebon dan menjadi  bagian dari Keraton Pakungwati.  

Goa Sunyaragi dipercaya didirikan oleh cicit dari Sunan Gunung Jati, Pangeran Kararangen, tahun 1703.  Luasnya sekitar 15 hektar dan terdiri dari dua bagian, yaitu pesanggrahan dan gua. Bagian pesanggrahan terdiri dari kamar tidur, serambi, ruang rias, dan ruang ibadah.

Bagian pesanggrahan dikelilingi oleh taman dan kolam. Sedangkan di bagian gua terdapat beberapa ruangan dengan fungsi yang berbeda.

Kompleks gua ini bukan hanya dijadikan sebagai tempat wisata. Tapi juga sering dijadikan pagelaran budaya.  Cagar budaya ini buka setiap hari dari pukul 8.00-17.30 WIB dan berlokasi di sisi jalan By Pass Brigjen Dharsono, Sunyaragi, Kesambi, Kota Cirebon.  Tertarik untuk mengunjunginya? Yuk Sempatkan diri jika Covid-19 sudah reda nanti


Sumber :GenPi.co

No comments

Powered by Blogger.