Cobain Selingkuh hingga Kue Peler Bedebu dari Kepulauan Seribu

Sabtu, April 03, 2021 Majalah Holiday 0 Comments


Kue selingkuh. (Foto: Istimewa)

SELAIN punya pemandangan laut biru jernih dan hamparan pasir putih, Kepulauan Seribu juga punya kuliner khas yang beragam. Salah satunya suguhan aneka jajanan yang punya nama unik-unik loh.

Sebut saja kue selinkuh, kue peler bedebu hingga kue janda mengandang. Mungkin sebelumnya Anda tak pernah mendengar nama-nama jajanan tersebut. 

Bahkan beberapa waktu lalu, salah satu kudapan khas Kepulauan Seribu sempat viral karena julukannya yang bikin orang kaget. Okezone telah mengumpulkan 5 makanan khas Kepulauan Seribu bernama unik dari beberapa sumber. Yuk, disimak daftarnya!

Kue Peler Bedebu

jajan

(Foto: Instagram jajanyogya)

Ini dia kudapan ringan yang pernah membuat jagat dunia maya gempar. Kue Peler Bedebu adalah makanan khas masyarakat Kepulauan Seribu yang bertekstur kenyal. Bahan dasar pembuatan kue ini adalah ubi yang ditumbuk lalu dicampur tepung sagu.

Adonan tersebut akan diisi oleh gula merah untuk menambahkan rasa manis, sebelum dikukus. Penyajiannya dilengkapi dengan taburan kelapa parut di atasnya. Sebenarnya, kue ini tidak jauh berbeda dengan Kue Klepon.

Kehadiran kue ini disebut-sebut sudah ada sejak setengah abad silam. Nama Peler Bedebu itu sendiri awalnya hanya candaan dari masyarakat karena tekstur dan bentuk kue. Meskipun namanya terkesan jorok, rasa kudapan manis ini sangat enak, Okezoners!

Kue Selingkuh

Mendengar kata selingkuh mungkin membuat sebagian orang naik pitam. Tapi jika berkunjung ke Kepulauan Seribu, cobalah cari Kue Selingkuh dan dipastikan yang Anda bukan rasa kesal, melainkan senang. Pasalnya, kudapan khas Kepulauan Seribu ini sangat lezat!

Kue Selingkuh adalah kudapan berupa lontong yang terbuat dari beras serta santan kelapa. Untuk isiannya, Selingkuh menggunakan ikan cincang atau abon ikan. Makanan ini dibungkus dengan daun pisang, layaknya Lemper, makanan tradisional Jawa.

Kue Maco Dari segi penampilan, Kue Maco dan Onde-Onde tidak berbeda. Bentuknya bulat seperti bola pingpong dan dilapisi kacang wijen. Perbedaan kedua kudapan super enak ini ada pada rasanya. Jika Onde-Onde cocok dimakan untuk pecinta makanan manis, Kue Maco lebih pas disantap orang yang suka makanan asin.

Cita rasa asin pada Kue Maco berasal dari isiannya yang berupa daging ikan laut yang dicincang lalu diolah hingga menjadi abon. Kepulauan Seribu memang kaya akan ikan lautnya, jadi tidak heran makanan khas sana banyak memanfaatkan ikan laut sebagai bahan pembuatannya. Selain enak, isian abon di dalam Kue Maco juga membuat kudapan ini menjadi makanan yang bergizi tinggi.

Bom Atom

Jangan salah kaprah dulu, Bom Atom yang dimaksud adalah makanan khas Kepulauan Seribu yang terbuat dari tepung terigu, telur dan mentega. Bentuknya lonjong. Cara penyajiannya adalah digoreng, lalu dicelupkan ke dalam karamel yang sudah diberikan pewarna agar tampilan makanan lebih menggugah selera. Kue ini seperti donat yang gurih sekaligus manis.

Kue Janda Mengandang

Usut punya usut, kue tradisional Kepulauan Seribu satu ini dinamakan Janda Mengandang karena sebagian istri di Kepulauan Seribu memberikan kue ini kepada suami yang pergi ke laut sebagai bekal. Para suami itu belum bisa dipastikan akan kembali pulang dengan selamat atau tidak sama sekali.

Bahan dasar pembuatan adonan Janda Mengandang adalah tepung beras, sagu, dan ampas kelapa. Adonan tersebut dikukus hingga matang. Cara menyantap Janda Mengandang adalah dicocol dalam air gula jawa agar tercipta rasa manis. Bentuk kue Janda Mengandang sendiri tergolong normal saja, yaitu persegi panjang.


Sumber : okezone.com

0 comments: