Disebut Terbuat dari Plastik, Ini Tips Pilih Nata De Coco Berkualitas

Nata de Coco (Foto : Timesofindia)

Selama bulan Ramadhan, beraneka makanan manis menjadi incaran masyarakat untuk dijadikan menu berbuka puasa. Salah satu makanan yang populer dan sering dijadikan makanan pembuka adalah nata de coco.

Meski sering disajikan karena rasanya unik dan manis, namun sebagian masyarakat ada yang belum mengetahui dari mana nata de coco tersebut berasal.

Nata De Coco

Merangkum dari laman Instagram resmi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) @bpom_ri, Jumat (23/4/2021), nata de coco adalah pangan yang dibuat dari bahan baku air kelapa yang umumnya berbentuk kotak-kotak kecil.

Nata De Coco

Untuk memilih nata de coco yang berkualitas diperlukan cara khusus. Nata de coco yang baik, memiliki warna putih sampai dengan semi transparan, tekstur kenyal, tidak mudah hancur, tidak lengket, tidak berbau asam, dan tidak mengandung kotoran.

Saat ini banyak kabar yang beredar di masyrakat yang menyebutkan bahwa nata de coco terbuat dari plastik. Perlu diingat bahwa informasi ini tidaklah benar. Badan POM bahkan telah menerbitkan penjelasan publik tentang isu nata de coco.

“Nata de coco mengandung berlapis-lapis selulosa yang sering disebut sebagai dietary fiber, sehingga cairan dapat terperangkap. Ketika nata de coco digigit atau ditekan, maka cairan tersebut akan keluar dan yang tersisa adalah selulosanya saja yang berbentuk lembaran tipis dan sangat liat serta sulit disobek. Bagian inilah yang sering dianggap sebagai plastik,” tulis keterangan Badan POM.



Sumber : okezone.com

No comments

Powered by Blogger.