Dorong Jadi Destinasi Wisata, Pemkot Jakarta Pusat Berencana Menata Kawasan Pasar Baru



Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat menargetkan penataan Pasar Baru Jakarta selesai pada tahun 2022. Kawasan Pasar Baru ditata untuk dijadikan ikon destinasi wisata dan ekonomi di Jakarta Pusat.


Asisten Perekonomian dan Pembangunan Jakarta Pusat, Bakwan Ferizan Ginting mengatakan realisasi penataan kawasan Pasar Baru dilakukan pada 2021 hingga 2021.


“Untuk pelaksanaan penataan Pasar Baru kita akan rencanakan dua tahap,” kata Bakwan Ferizan. Namun dikatakan Bakwan, tahun 2021 ini sebelum merealisasikan hal itu pihaknya akan mengajukan mekanisme Surat Persetujuan Prinsip Pembebasan Lahan (SP3L) terlebih dahulu.


“Pertama tahun 2021 kita berusaha mengajukan mekanisme SP3L ini sudah kita rinci semua biayanya dan tahun kedua kita lanjutkan pada tahun 2022,” katanya.


Menurut dia pengajuan SP3L ini, karena penataan kawasan Pasar Baru Jakarta Pusat masuk dalam rencana pembangunan jangan menengah daerah (RPJMD). Sehingga saat ini masih dalam proses koordinasi dengan semua pihak terkait penyediaan anggaran.


“Pasar baru ini target RPJMD kita sehingga kita selesaikan sebelum tahun 2022. Kita juga intens koordinasi sama temen temen provinsi dan kita sudah sampaikan suratnya ke provinsi untuk segera kita koordinasikan dalam rangka penyediaan anggaran ini,” ucapnya.


Sebelumnya, Pemkot Jakarta Pusat berencana menata dan mengembangkan kawasan Pasar Baru menjadi salah satu ikon destinasi wisata dan ekonomi di Wilayah Jakarta Pusat.


Wali Kota Jakarta Pusat, Dhany Sukma mengatakan, kawasan Pasar Baru itu sendiri merupakan lokasi Kegiatan Strategis Daerah (KSD). Maka kedepan bakal dijadikan destinasi wisata dan ekonomi.


“Mulai tahun 2021 dan 2022 penataan kawasan Pasar Baru harus jelas desainnya seperti apa dan jangka pendek apa yang harus kita lakukan sehingga target tahun 2022 bisa tercapai,” ucap Dhany.




Sumber :Wartakotalive.com

No comments

Powered by Blogger.