Fenomena Beruang Ramah Layaknya Anjing Makin Marak, Ini Kata Peneliti

Beruang (Foto: Pinterest)

Sejumlah anak beruang hitam di California telah menunjukkan perilaku yang berbeda daripada umumnya. Mereka bersikap seperti anjing yang sangat ramah terhadap manusia yang ada di sekitarnya.

Para peneliti yang melihat fenomena ini percaya bahwa penyakit otak mungkin menjadi penyebab utama hewan buas ini bersikap ramah.

Bulan lalu, California Department of Fish and Wildlife mengambil seekor anak beruang dari halaman belakang pemukiman. Hewan tersebut baru saja pindah ke tempat perawatan dan tidak tampak terintimidasi sama sekali dengan manusia. Beruang tersebut mengambil apel dan memakannya di depan manusia.

 beruang

Uniknya pada satu kesempatan beruang tersebut juga melompat ke bagasi mobil penjaga kandang yang tengah terbuka. Tentunya perilaku unik ini bukanlah hal normal untuk anak beruang cokelat. Bahkan dokter hewan di California belum pernah melihat fenomena seperti ini sebelumnya.

Melansir dari Oddity Central, Kamis (8/4/2021), dalam satu kasus, beberapa tahun lalu seekor beruang masuk ke ruang kelas dan duduk di belakang seperti anak anjing. Pada 2019 seorang peseluncur salju merekam anak beruang yang sangat dekat dengannya di sky slope. Para ahli hewan mengatakan bahwa laporan tentang perilaku unik beruang hitam ini sudah ada sejak 2014.

Dalam semua kasus yang dilaporkan, anak beruang menunjukkan adanya kemiringan kepala yang tampak jelas dan berjalan dengan aneh. Pengujian menunjukkan bahwa beruang yang bersikap ramah di sekitar manusia semuanya menderita ensefalisitis atau peradangan di otak. Namun, tidak ada yang tahu apa yang menyebabkan para beruang ini mengalami ensefalisitis.

Lima virus berbeda telah diidentifikasi pada beruang yang sakit, tapi para ilmuwan belum membuktikan bahwa mereka bertanggung jawab atas ensefalisitis yang terjadi. Laporan tentang anak beruang yang bertingkah aneh ini semakin sering terjadi pada akhir-akhir ini. Kasus seperti ini menjadi lebih umum terjadi di Tahoe Basin dan tempat lain di sekitar California.

Sayangnya anak beruang yang bersikap ramah pada manusia ini tidak dapat bertahan hidup di alam liar dan perlu ditempatkan di perawatan fasilitas khusus dan kebun binatang. Bahkan dalam beberapa kasus, beruang ini disuntik mati.


Sumber : okezone.com

No comments

Powered by Blogger.