FIBA Asia 2021 Resmi Pamer Logo, Kental dengan Unsur Indonesia

Rabu, April 14, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Logo FIBA Asia 2021. (Foto: Laman resmi FIBA Basketball)

Federasi Bola Basket Internasional (FIBA) akhirnya meluncurkan logo untuk ajang FIBA Asia 2021 dalam sebuah acara yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senayan Jakarta, pada Selasa (13/4/2021). Logo tersebut pun kental akan unsur Indonesia.

Seperti yang diketahui, FIBA Asia 2021 dipastikan akan digelar di Indonesia, tepatnya berlokasi di Jakarta. Kompetisi basket terbesar di Asia itu tepatnya berlangsung pada 16-28 Agustus 2021 mendatang.

Karena sebelumnya belum ada logo pasti untuk ajang FIBA Asia 2021 tersebut, maka baru hari inilah peluncuran resmi logo dipamerkan.

Logo resmi FIBA Asia 2021

Logo turnamen FIBA Asia 2021 itu merupakan kombinasi dari berbagai elemen unik yang merupakan identitas diri dari Indonesia. Namun tak lupa pada logo itu juga ada pola bola basket dan lapangan olahraga tersebut.

Lebih detail, logo FIBA Asia 2021 dikelilingi dengan desain yang memadukan corak batik dan referensi elang jawa. Batik adalah bagian penting dan kuat dari budaya Indonesia dan dapat dilihat bermotif di mana-mana di seluruh negeri.

Elang jawa sendiri merupakan burung nasional Indonesia dan merupakan endemik Indonesia, artinya hanya dapat ditemukan di dalam negeri, tepatnya di hutan lembab Jawa.

Burung pemangsa yang agung juga disebut sebagai Garuda, makhluk mitos mirip burung yang juga merupakan bagian kuat dari budaya Indonesia.

Referensi kekayaan tradisi Indonesia juga tercermin dalam tipografi kompetisi. Pola yang dimaksud adalah Songket Minangkabau yang terdapat pada berbagai jenis kain di Indonesia.

Jadi, dapat dipastikan bahwa logo FIBA Asia 2021 itu sangat kental akan Indonesia. Direktur Eksekutif FIBA, Hagop Khajirian, pun sangat senang dengan logo baru tersebut yang memiliki atribut unik FIBA Asia dan Indonesia.

“Peluncuran logo ini merupakan tonggak penting dalam perjalanan menuju Piala Asia FIBA 2021. Ikon visual ini memadukan atribut unik Piala Asia FIBA dan Indonesia sebagai negara tuan rumah,” ungkap Hagop Khajirian, saat jumpa pers di Jakarta, Selasa (13/4/2021).



Sumber : okezone.com

0 comments: