Hari Pertama Puasa, Ikuti 5 Tips Ini agar Tak Lemas


Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PENDUDUK muslim di seluruh dunia akan segera memasuki bulan Ramadhan 1442 H. Di Indonesia, hari pertama puasa akan dimulai besok.

Biasanya, di hari pertama puasa tubuh akan terasa lesu, dan cepat kehilangan energi karena masih beradaptasi dengan pola makan yang baru. Nah, untuk menyiasatinya, ada beberapa tips sederhana yang bisa Anda coba di rumah.

Dilansir MNC Portal Indonesia dari Khaleejtimes, berikut 5 tips tetap sehat dan berenergi selama puasa.

Puasa

Konsumsi kacang-kacangan dan buah kering

Bulan Ramadhan adalah waktu yang tepat untuk menyuplai bahan makanan berupa kacang-kacangan dan buah kering. Bahan makanan ini diklaim sebagai sumber energi karena tinggi serat, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Ada beberapa jenis kacang-kacangan yang bisa Anda konsumsi seperti, kacang kenari, almond, kurma, hingga kismis.

Tidur siang

Mengistirahatkan tubuh dengan tidur siang selama kurang lebih 15-20 menit juga dapat meningkatkan stamina dan energi. Tapi jangan sampai kebablasan ya! Dikhawatirkan pekerjaan Anda malah terbengkalai, dan puasa pun menjadi makruh.

Konsumsi sup

Lupakan nasi padang dan makanan berat lainnya. Saat berbuka puasa, sebaiknya dimulai dengan makanan yang manis-manis, kemudian dilanjutkan dengan semangkuk sup untuk menghangatkan tubuh, serta mencegah terjadinya kembung dan sembelit. Sup juga kaya akan nutrisi dan cairan yang dibutuhkan oleh tubuh.

Bergerak

Rasa lelah tak hanya disebabkan oleh padatnya aktivitas. Terlalu lama berdiam diri juga dapat memicu rasa lelah yang berlebihan. Apalagi di masa pandemi virus corona atau COVID-19. Selain berpuasa, sebagian orang masih memiliki kewajiban untuk bekerja dari rumah alias Work From Home (WFH).

Mereka biasanya akan menghabiskan waktu berjam-jam di depan komputer untuk mengerjakan deadline. Usahakan jangan terpaku pada pekerjaan, dan ambil lah sedikit waktu untuk beristirahat. Anda bisa menyiasatinya sembari melakukan olahraga kecil seperti jalan-jalan di sekitar rumah atau mini workout (push up dan sit up).

Pastikan tubuh tetap terhidrasi

Meski terdengar klise, menjaga tubuh agar tetap terhidrasi adalah kunci agar Anda dapat menjalani puasa dengan baik. Oleh karenanya, minumlah banyak air putih pada saat makan sahur, lalu hindari makanan pedas dan asin. Bila memungkinkan, masukkan buah dan sayuran segar ke dalam menu sahur Anda.


Sumber : okezone.com

No comments

Powered by Blogger.