Industri 4.0 Diharapkan Bisa Dorong RI Masuk dalam Jajaran Negara Ekonomi Terbesar

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat meninjau pabrik Hot Strip Mill (HSM) II PT Krakatau Steel, Kota Cilegon Banten(KOMPAS.COM/RASYID RIDHO)

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, pemerintah telah mempersiapkan peta jalan implementasi industri 4.0 sebagai upaya mempercepat digitalisasi berbagai sektor industri dalam negeri. 

Hal ini demi mewujudkan target Indonesia bisa masuk jajaran 10 negara ekonomi terbesar pada beberapa tahun ke depan. 

"Sasaran utama kita adalah menjadikan Indonesia sebagai 10 negara ekonomi terbesar di dunia pada tahun 2030," ujarnya dalam diskusi Forum Merdeka Barat 9 (FM B9) bertajuk "Industri 4.0 Menuju Pemulihan Ekonomi Industri 4.0 secara virtual, Senin (5/4/2021). 



Harapannya industri 4.0 ini bisa berkontribusi terhadap 10 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB), meningkatkan produktivitas, dan pengeluaran riset dan pengembangan minimal 2 persen dari PDB. 

Di lain sisi, terdapat juga 7 sektor yang akan dipilih oleh pemerintah dalam melakukan digitalisasi, yakni makanan dan minuman, tekstil dan busana, otomotif, kimia, elektronika, farmasi, dan alat kesehatan. 

"Tujuh sektor ini dipilih karena telah memberikan kontribusi sebesar 70 persen dari total PDB manufaktur, 65 persen ekspor manufaktur dan 60 persen penyerapan pekerja industri," jelasnya.

Sumber : kompas

No comments

Powered by Blogger.