Istri Petinggi Turki Berkaca-kaca Menyaksikan Permainan Angklung




    Empat orang istri petinggi Turki berkaca-kaca saat lagu “Memleketim (Tanah Airku yang Sejati)” dimainkan dengan alat musik angklung oleh Dharma Wanita Persatuan KBRI Ankara (DWP KBRI Ankara).




Pertunjukan tersebut berlangsung pada pembukaan fashion show bertajuk “Introducing Indonesia” yang diselenggarakan oleh KBRI Ankara di Wisma Indonesia, Ankara.

Acara ini berlangsung selama dua hari mulai dari tanggal 7 sampai 8 April 2021.

Para istri petinggi Turki tersebut adalah Ibu Negara (Emine Erdogan) yang juga didampingi oleh isteri Ketua Parlemen Turki (Ibu Şabriye Sentop), isteri Menteri Luar Negeri Turki (Ibu Hülya Çavuşoğlu), dan isteri Menteri Industri dan Teknologi Turki (Ibu Esra Varank).

“Kami sengaja memilih lagu Memleketim ini, meskipun sedikit panjang, karena ini adalah lagu paling sentimental dan emosional bagi bangsa Turki. Memainkan lagu ini dengan alat musik tradisional Indonesia adalah simbol uluran persaudaraan dari Bangsa Indonesia buat Turki”, terang Sinta Agathia, Ketua DWP KBRI Ankara yang ikut memainkan alat musik dalam penampilan grup angklung tersebut.

Alat musik angklung ini telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan budaya tak benda (UNESCO Intangible World Heritage)

“Terlihat mata Ibu Negara Emine Erdogan berkaca-kaca. Seusai penampilan beliau menanyakan beberapa kali apakah benar yang memainkan angklung adalah istri para staf dan bukan pemain musik professional”, imbuh Sinta Agathia menggambarkan keharuan para istri petinggi Turki mendengarkan lagu Memleketim dimainkan dengan alat musik angklung.

Selain terpesona dengan penampilan angkulung, Ibu Negara, Emine Erdogan, yang oleh INSPAD dimasukkan dalam 10 Tokoh Muslim Paling Berpengaruh di Dunia Tahun 2020, juga terpesona oleh kain yang digunakan para pemain angklung.

Kain tersebut mewakili berbagai daerah dan budaya di Indonesia seperti kain tenun, songket, tapis, dan batik.

Sesaat sebelum foto bersama, Ibu Negara Turki yang dikenal menaruh perhatian besar kepada industri kreatif, khususnya fashion, tersebut berkesempatan menanyakan satu persatu perihal bahan dan asal muasal masing-masing kain yang digunakan para pemain.

Selain dihadiri 4 istri petinggi Turki, penampilan angklung oleh Dharma Wanita Persatuan KBRI Ankara tersebut juga disaksikan oleh para tamu lainnya yang menghadiri fashion show.

Mereka diantaranya adalah para pemilik industri pakaian jadi, para pengamat dan penulis masalah fashion serta berbagai perusahaan inkubator di bidang fashion.

Sumber :liputan6

No comments

Powered by Blogger.