Jepang akan memberi tahu Taiwan jika air radioaktif Fukushima dibuang ke laut: MOFA

Pejabat MOFA mengatakan Jepang belum menyelesaikan keputusan tentang bagaimana membuang air radioaktif

(Foto AP)

TAIPEI - Kementerian Luar Negeri Taiwan (MOFA) telah menyatakan keprihatinan atas laporan rencana pemerintah Jepang untuk membuang air radioaktif Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Fukushima ke laut, melalui pernyataan yang dibuat oleh Kantor Perwakilan Ekonomi dan Budaya Taipei di Jepang.

Meskipun 10 tahun telah berlalu sejak kecelakaan nuklir Fukushima pada tahun 2011, pembangkit tersebut masih menghasilkan air radioaktif setiap hari, menyebabkan tekanan untuk mengatasi masalah tersebut semakin meningkat. Pemerintah Jepang dilaporkan berniat untuk mengadopsi kebijakan melepaskan air yang terkontaminasi ke laut, CNA melaporkan.

Legislator KMT Wen Yu-hsia (溫玉霞) telah bertanya kepada MOFA apakah mereka harus mengadakan konferensi pers internasional untuk mengungkapkan protes negara terhadap rencana yang dilaporkan pemerintah Jepang.


Menanggapi hal tersebut, Wakil Menteri Luar Negeri Tien Chung-kwang (田中光) mengatakan pada Senin (12 April) bahwa tidak hanya Taiwan tetapi juga para nelayan Jepang telah menaruh banyak perhatian pada masalah air radioaktif di Fukushima. Dia menambahkan kementerian telah mengarahkan Kantor Perwakilan Ekonomi dan Budaya Taipei di Jepang untuk menyampaikan keprihatinan Taiwan dan melacak kemajuan pengambilan keputusan pemerintah Jepang.

Wakil menteri mengatakan Jepang belum menyelesaikan keputusannya tentang bagaimana membuang air radioaktif, dan diharapkan Jepang akan mengadakan pertemuan untuk membahas masalah tersebut pada hari Selasa.

Sumber : Taiwan news

No comments

Powered by Blogger.